Kompas.com - 09/02/2022, 16:28 WIB

KOMPAS.com - Saat seseorang mengunjungi museum, kebanyakan dari kita mungkin berpikir akan melihat sejumlah benda-benda bersejarah yang dipajang di gedung indah dan artistik. Misalnya saja, museum Louvre atau Uffizi.

Namun, sejumlah museum di dunia yang menampilkan koleksi-koleksi yang terbilang aneh untuk dinikmati para pengunjungnya, di tempat yang tak biasa pula. 

Selain arsitektur yang aneh, sejumlah museum juga menawarkan informasi yang berbeda daripada museum pada umumnya.

Berikut adalah daftar 10 museum paling tidak biasa dan aneh dari seluruh dunia yang bisa kamu masukkan ke dalam bucket list untuk dikunjungi suatu saat nanti, seperti dikutip Kompas.com dari Culture Trip, Selasa (08/02/2022).

Baca juga: Daftar Negara dengan Tiket Bioskop Termurah dan Termahal di Dunia

1. Museum Icelandic Phallological

Museum yang didedikasikan untuk para laki-laki ini menampilkan hampir 300 alat kelamin hewan yang diawetkan dari berbagai ukuran.

Misalnya, alat kelamin hamster seukuran 2 milimeter (mm) dan ujung penis ikan paus biru setinggi dua meter. 

Bahkan, pada 2011 museum ini juga mendapatkan sumbangan koleksi dari manusia pertama, di mana ia bergabung dengan beberapa spesimen penelitian serius dan beberapa pameran yang tidak terlalu serius.

Ini termasuk alat kelamin ikan duyung jantan dan elf, yang tak terlihat. 

Baca juga: 10 Negara dengan Tingkat Kejahatan Tertinggi di Dunia

2. Museum Soane, London

Jika datang ke Musuem Soane, pengunjung akan disuguhi oleh banyak mahakarya sejauh mata memandang di setiap permukaan dinding dan celah-celahnya.

Saat malam hari, museum akan diterangi oleh cahaya lilin, memberikan pengalaman nyeleneh pada para pengunjung yang penasaran.

Ada begitu banyak karya besar yang dipajang, bahkan setengah karya besar dari A Rake's Progress karya William Hogarth yang disimpan di dalam lemari dan hanya dikeluarkan di waktu tertentu. 

Baca juga: 20 Maskapai Terbaik Dunia Versi World Airline Awards, Ada Garuda Indonesia

3. Cancun Underwater Museum (MUSA), Meksiko

Cancun Underwater Museum (MUSA), MeksikoCommons Wikimedia Cancun Underwater Museum (MUSA), Meksiko

Mungkin, inilah satu-satunya museum yang terletak di bawah laut dan pengunjungnya harus memakai peralatan selam untuk masuk.

Museo Subacuatico de Arte adalah tempat berisi pantung pahatan yang ada di salah satu perairan paling jernih di dunia, yakni Taman Laut Nasional Meksiko di Karibia.  

Pengunjung yang menyelam dapat melihat lebih dari 400 patung dengan berbagai bentuk. Banyak di antaranya bisa dilihat di kedalaman sekitar dua hingga enam meter.

Diketahui bahwa semua pahatan terbuat dari bahan khusus yang ramah laut, Artinya, dengan bertambahnya waktu pahatan tersebut bisa menjadi terumbu karang yang menakjubkan. 

Baca juga: 14 Tempat Bersejarah di Jakarta Pusat, Ada Museum dan Taman

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.