Kompas.com - 10/02/2022, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Perancis berencana menghapus persyaratan tes Covid-19 yang saat ini tengah diterapkan untuk sebagian besar wisatawan. 

Kabar tersebut diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Perancis untuk Urusan Eropa, Clément Beaune, Selasa (8/2/2022). Ia mengatakan, perubahan syarat masuk ke negara tersebut akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang. 

Selain itu, Beaune menjelaskan bahwa akan ada protokol baru untuk wisatawan yang telah divaksinasi lengkap dan ingin memasukki Perancis dari negara tertentu, mengutip laman SchengenVisaInfo.com, Kamis (10/2/2022).

Menurut Kementerian Dalam Negeri Prancis, wisatawan dari negara Uni Eropa, termasuk Andorra, Islandia, Monako, Liechtenstein, Norwegia, San Marino, dan Swiss, serta Vatikan, yang telah divaksinasi penuh dapat memasukki Perancis untuk tujuan wisata.

Mereka dapat masuk dengan syarat memiliki izin perjalanan dan sertifikat vaksinasi yang valid. 

Baca juga:

Sementara itu, wisatawan dari negara lain yang tidak termasuk dalam daftar tersebut, harus menjalani tes yang diambil dalam waktu 2x24 jam saat bepergian ke Perancis.

Persyaratan tes sebelum masuk ini berlaku untuk semua pelancong dari negara yang bukan Uni Eropa, walau mereka telah sepenuhnya divaksinasi atau pulih dari Covid-19.

“Jika Anda sudah divaksinasi, Anda harus menunjukkan bukti status vaksinasi Anda, serta pernyataan  yang menyatakan tidak adanya gejala Covid-19 dan kontak dengan kasus Covid-19 yang dikonfirmasi. Diperlukan hasil negatif dari tes PCR atau antigen yang dilakukan dalam kurang dari 48 jam, kecuali untuk kedatangan dari negara-negara anggota Uni Eropa," tulis pernyataan dari kementerian tersebut.

Ilustrasi Perancis - Pemandangan Sungai Loire di Perancis (Photo by Bruno Abatti on Unsplash).Photo by Bruno Abatti on Unsplash Ilustrasi Perancis - Pemandangan Sungai Loire di Perancis (Photo by Bruno Abatti on Unsplash).

Syarat masuk baru, yang bertujuan memudahkan proses perjalanan ini, akan dibahas. Apabila disetujui, syarat tersebut diharapkan bisa diumumkan minggu depan.

Apabila persyaratan tes antigen dan PCR dihapus untuk pelancong yang bervaksin lengkap, perlu diingat bahwa saat ini Perancis memiliki aturan baru mengenai validitas sertifikat vaksinasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.