Kompas.com - 10/02/2022, 13:01 WIB

KOMPAS.com - Kehilangan barang bawaan maupun tertinggal saat bepergian kerap kita alami. Kejadian itu tentunya dapat mengganggu dan menghambat perjalanan.

Terutama, jika barang bawaan yang tertinggal tersebut penting. Namun, kejadian tersebut pastinya dapat dicegah dengan sejumlah tips dan trik.

Baca juga: Sering Dilakukan, 16 Kesalahan Mengemas Barang di Koper Saat Liburan

Berikut tips agar barang bawaan tidak tertinggal saat bepergian. Tips ini cenderung mudah dilakukan sehingga bisa kamu coba ketika hendak bepergian.

1. Beri label barang

Mengutip Trip Savvy, Kamis (11/02/2022), tips mencegah barang tertinggal maupun hilang adalah memberikan label, baik di dalam maupun di luar.

Label tersebut bisa berisi nama, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Lebih baik lagi jika kamu juga menyertakan kartu nama, itinerary, dan tiket di dalam koper dan barang bawaan lain.

Jadi, apabila ada orang yang menemukan barang tertinggal tersebut bisa segera menghubungi kamu sebelum jauh meninggalkan lokasi.

2. Beri label berwarna

Tips selanjutnya adalah memberikan label berwarna pada barang bawaan kamu. Label berwarna tersebut bisa membedakan barang bawaan kamu dengan benda serupa lainnya milik orang lain.

Ilustrasi packing barang untuk bepergian.PEXELS/VLADA KARPOVICH Ilustrasi packing barang untuk bepergian.

Label tersebut akan memudahkan kamu mengenali barang-barang bawaan kamu saat berada di tempat umum.

Kemungkinan terburuk saat barang kamu hilang, label berwarna itu juga bisa menjadi tanda pengenal yang bisa disampaikan kepada petugas untuk melacaknya.

3. Foto barang bawaan

Ingat bahwa foto dapat menjelaskan banyak hal. Jadi, jangan lupa untuk mengambil foto semua barang bawaan menggunakan smartphone sebelum bepergian.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.