Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Alternatif jika Kehabisan Kamar Hotel di Mandalika

Kompas.com - 10/02/2022, 15:03 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jelang event MotoGP Mandalika pada Maret 2022, sejumlah hotel di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), tampak mulai banjir pesanan.

Berdasarkan data terbaru dari Dinas Pariwisata NTB, jumlah penginapan yang tersedia yaitu 23.889 kamar. Angka ini termasuk berbagai akomodasi, seperti hotel berbintang, vila, sarhunta, hotel melati, dan lain sebagainya.

"Penginapan baik hotel, Vila, bungalow, homestay, rusun sarhunta pondok wisata, maupun potensi camping ground sebanyak 23.889 kamar," kata Kepada Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (Kadispar NTB) Yusron Hadi kepada Kompas.com, Kamis (10/2/2022).

Baca juga: 7 Hotel Dekat Sirkuit Mandalika, Ada Hotel dengan Pemandangan Pantai

Pernyataan itu juga disampaikan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Seluruh Indonesia (PHRI) NTB Ni Ketut Wolini.

Melansir Kompas.com, Rabu (9/2/2022), Wolini menyebut total ketersediaan kamar, baik dari hotel berbintang, penginapan melati, homestay, dan lain-lainnya yang terpantau sudah ada sekitar 23.000 unit.

Wolini juga mengatakan bahwa jumlah tersebut belum termasuk rumah susun sederhana sewa (rusunawa) yang sedang disiapkan, dan rencana akomodasi tambahan lain berupa fasilitas hotel terapung dengan kapal-kapal dari pemerintah.

Baca juga:

Adapun persebaran kamar hotel di setiap wilayah yaitu, Mataram (4929 kamar), Lombok Barat (4138 kamar), Lombok Tengah (6353 kamar), Lombok Utara (7064 kamar), dan Lombok Timur (1405 kamar).

Sementara itu, kini akomodasi berbintang di kawasan Mandalika dan dan Mataram dikabarkan sudah penuh. Kendati demikian, masih banyak penginapan non-bintang berkualitas yang siap menampung wisatawan nantinya.

Sebagai alternatif ketidaktersediaan kamar selama perhelatan MotoGP Mandalika, berikut sejumlah opsi yang bisa kamu pilih:

1. Cari hotel di tiga Gili

Menurut hasil pantauan Dinas Pariwisata NTB, masih banyak penginapan yang kosong di area tiga Gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

"Masih banyak yang kosong di tiga Gili, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Belum lagi di Sembalun Lombok dan lain-lain totalnya ribuan lagi," papar Yusron.

Menginap di kawasan tiga Gili menjadi opsi menarik, karena kamu bisa sekalian menikmati sejumlah wisata bahari unggulanseperti scuba diving, snorkeling, berselancar, hingga bersepeda dan berjemur di tepi pantai yang indah.

2. Cari penginapan di Bali

Bali, terutama Bali Timur bisa menjadi alternatif menginap bagi pengunjung yang ingin menyaksikan MotoGP Mandalika.

Selain jaraknya yang tidak terlalu jauh, dan bisa ditempuh menggunakan fast boat selama 1,5 jam dari Padangai, Bali menuju Lombok, wisatawan juga bisa sambil berwisata di Pulau Dewata ini.

Salah satu Rumah Adat Bali di Desa Penglipuran, Bali.Shutterstock/Gekko Gallery Salah satu Rumah Adat Bali di Desa Penglipuran, Bali.

Melansir Kompas.com, Selasa (11/1/2022), pemerintah berencana menyediakan shuttle hingga comuter flight untuk penerbangan dari Bali ke Lombok, termasuk kemungkinan adanya paket-paket wisata yang dapat diambil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com