Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Siap Sambut Turis Asing Tanpa Karantina Mulai 1 Maret

Kompas.com - 11/02/2022, 11:01 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Malaysia siap menerima kembali wisatawan asing dari semua negara, tanpa karantina mulai awal Maret 2022 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Dewan Pemulihan Nasional (NRC) yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin.

"Dewan telah mengusulkan agar perbatasan dibuka dalam waktu dekat untuk mendukung pemulihan ekonomi. Kami sepakat bahwa perbatasan negara akan dibuka sepenuhnya pada 1 Maret tanpa perlu karantina wajib," terang Muhyiddin, dikutip dari Straits Times dan Bloomberg, Selasa (8/2/2022).

Baca juga:

Ia menambahkan, wisatawan yang akan memasukki Malaysia harus menjalani tes Covid-19 sebelum dan setibanya di negara tersebut, mengikuti usulan Kementerian Kesehatan.

"Wisatawan yang memasukki Malaysia perlu melakukan tes Covid-19 sebelum keberangkatan dan pada saat kedatangan," katanya.

Ilustrasi Bukit Bintang di Kuala Lumpur, Malaysia. UNSPLASH/Kah Hay Chee Ilustrasi Bukit Bintang di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kendati demikian, ia menjelaskan bahwa pembukaan perbatasan negara tetap akan dilakukan berdasarkan penilaian risiko saat ini. 

Pada 3 Februari lalu, Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin mengatakan, pihaknya akan mengusulkan kepada pemerintah untuk membuka perbatasan hanya setelah tingkat vaksinasi booster di Malaysia meningkat.

Baca juga:

Dilaporkan, hampir 80 persen dari total populasi negara tersebut telah bervaksin penuh, dengan lebih dari 53 persen orang dewasa yang telah menerima suntikan booster.

Di sisi lain, Malaysia juga dikabarkan telah melanjutkan skema vaccinated travel lane (VTL) dengan Singapura, dan telah setuju untuk memulai koridor perjalanan dengan Indonesia pada awal tahun 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com