Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Bandungan Mulai Siaga karena Kasus Covid-19 Meningkat

Kompas.com - 11/02/2022, 16:04 WIB
Dian Ade Permana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Pengawasan protokol kesehatan di kawasan wisata Bandungan Kabupaten Semarang mulai ditingkatkan seiring kenaikan kasus Covid-19.

Upaya ini dilakukan melalui operasi yustisi, juga penertiban protokol kesehatan di tempat umum, pusat kegiatan, tepat-tempat wisata, dan tempat hiburan di Kecamatan Bandungan.

"Seperti hari ini, jajaran Polsek Bandungan kembali menggelar operasi yustisi serta penertiban protokol kesehatan kepada masyarakat umum, kita mulai siaga," kata Kapolsek Bandungan Iptu Ari Parwanto, Jumat (11/2/2022).

Baca juga: 25 Tempat Wisata di Semarang, Mulai dari Alam Sampai Sejarah

Jika ditemukan pelanggaran, petugas akan melakukan edukasi. Sasarannya masyarakat umum yang melintas di sekitar pusat keramaian di wilayah Kecamatan Bandungan.

"Kami akan mengedukasi jika ada warga yang abai atau lalai dalam menerapkan protokol kesehatan," ujar Ari.

Ia melanjutkan, skala kegiatan operasi yustisi dan penertiban protokol kesehatan memang ditingkatkan, seiring penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Semarang.

Susan Spa & Resort Bandungan, Semaranginstagram.com/potraitbyfaisal Susan Spa & Resort Bandungan, Semarang

"Khusus untuk tempat tujuan wisata dan tempat hiburan, Polsek Bandungan telah membentuk Satgas Covid-19 tempat wisata dalam menggencarkan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan kepada pengunjung," tutur Ari.

Saat momen puncak kunjungan wisata, satgas akan rutin berkeliling guna memastikan pengunjung disiplin menerapkan protokol kesehatan, juga pengelola patuh dalam melaksanakan ketentuan jam operasional.

Baca juga: Rute Menuju Wisata Perantunan yang Indah di Kabupaten Semarang

Sementara itu, bersamaan dengan pelaksanaan operasi yustisi dan penertiban protokol kesehatan yang dilaksanakan jajaran Polsek Bandungan, pengelola tempat hiburan Sinar Abadi Group juga berpartisipasi melalui pembagian masker.

"Kami mendukung jajaran Polsek Bandungan dalam menertibkan para pelanggar protokol kesehatan dengan membagikan masker," kata Ketua Asosiasi Pekerja Pariwisata (Akar) Bandungan Pujiono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com