Kompas.com - 11/02/2022, 17:09 WIB
Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022) FITRI RInilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)

KOMPAS.com - MotoGP seri kedua akan dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Street Sirkuit, Lombok, NTB pada 20 Maret 2022. Jika ingin menonton balapan sekaligus berwisata di dekat Sirkuit Mandalika, kamu bisa mengikuti panduan ini.

Sirkuit yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ini diresmikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada 12 November 2021 lalu.

Sebelum menjadi semakin terkenal karena perhelatan MotoGP 2022, kawasan Lombok Tengah dan Selatan memang cukup populer dikunjungi wisatawan yang berlibur.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) NTB bernama Ainuddin.

Baca juga: 5 Paket Nonton MotoGP Mandalika 2022, Harga Mulai Rp 3 Juta

"Sebenernya banyak (tempat wisata) yang sudah eksis ya, sebelum MotoGPP juga. Dulu nginapnya berpusat di Senggigi. Banyak yang trip dari Senggigi menuju ke tempat tembikar, ke Sukarare melihat tenunan, lalu ke desa wisata Sade lihat kebiasaan masyarakat adat," ujar Ainuddin kepada Kompas.com, Kamis (10/2/2022).

Apabila hanya one day trip, biasanya wisatawan akan ke Pantai Kuta Mandalika. Ada banyak atraksi wisata di sana, seperti keindahan panorama, pasir putih yang lembut, dan aktivitas berselancar.

Baca juga: 5 Fakta Sirkuit Mandalika, Ada Motif Tenun di Lintasannya

Lantas, seperti apa itinerary satu hari di tempat wisata dekat dari Sirkuit Mandalika? Berikut panduan perjalanannya:

Mengunjungi sentra gerabah di Desa Banyumulek

Mulai pukul 08.00 pagi waktu setempat, setelah sarapan di hotel, wisatawan bisa menuju Desa Banyumulek di Kecamatan Kediri, Lombok Barat.

Desa ini dikenal sebagai daerah sentra industri gerabah terbesar di Pulau Lombok sejak tahun 1990-an dengan hampir 80 persen penduduk berprofesi sebagai perajin tembikar.

Ilustrasi orang membuat kerajinan dari tanah liat Unsplash/Taylot Heery Ilustrasi orang membuat kerajinan dari tanah liat

Tembikar yang dihasilkan juga sangatlah cantik. Dengan nilai estetika tinggi, tembikar dengan beragam bentuk, warna, desain, dan motif tersedia.

Saat mengunjungi desa ini, wisatawan akan disambut dengan pintu gerbang bertuliskan "Sentra Industri Gerabah Banyumulek". Lalu, di sepanjang jalan ada berbagai tembikar yang sengaja dipajang.

Selain bisa melihat keindahan hasil karya perajin tembikar, kamu bisa membeli produk-produk mereka, atau mempelajari langsung proses pembuatannya.

Baca juga: 8 Oleh-oleh Khas Mandalika, Bisa Dibeli Saat Nonton MotoGP 2022

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.