Kompas.com - 11/02/2022, 21:30 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan melakukan kick-off atau penanda awal mulainya event Tourism Working Group (TWG) G20 2022 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (14/02/2022).

Ini menjadi tanda dimulainya presidensi Indonesia dalam G20 Tourism Working Group (TWG) sekaligus simbol kebangkitan ekonomi dan pemulihan sektor pariwisata yang ditandai semakin terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, Kemenparekraf menjadi leader pada TWG, yang merupakan salah satu working group dari Presidensi Indonesia pada KTT G20 2022.

Kick-off TWG G20 ini sebagai penanda resmi dimulainya kerja dari Working Group Bidang Pariwisata, sebagai salah satu bagian yang tidak dapat terpisahkan dari Working Groups lainnya di bawah Presidensi G20 2022,” ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (11/02/2022).

Baca juga:

Lebih lanjut, Sandiaga menilai momen ini dapat menjadi kesempatan luar biasa untuk menunjukkan kepada dunia Internasional, bahwa Indonesia dapat memimpin dunia dalam penyelesaian masalah pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Dengan melalui pengalaman atau best practices yang Indonesia telah lakukan selama ini dalam menghadapi pandemi global," lanjutnya.

Baca juga: Kain Tenun Gringsing Bali Bakal Jadi Suvenir KTT G20

Adapun kick-off TWG akan diselenggarakan secara hybrid, yaitu perpaduan luring dan daring.

Acara tersebut rencananya akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, serta perwakilan Italia dan India sebagai troika, yaitu pemegang presidensi sebelum dan sesudah Indonesia.

Dalam TWG G20 2022, Kemenparekraf akan mencoba menyelesaikan masalah dan menghadapi tantangan dengan berfokus pada 5 Line of Actions.

Lima fokus tersebut antara lain Pengembangan Sumber Daya Manusia; Inovasi Melalui Digitalisasi; Pemberdayaan Perempuan dan Generasi Muda; Rehabilitasi, Konservasi dan Pemeliharaan Lingkungan; serta Investasi di Sektor Pariwisata dan Digital.

"Diharapkan dari apa yang dikerjakan dari TWG G20 ini akan menghasilkan kesepakatan bersama di antara negara-negara G20 guna mengatasi tantangan yang ada secara menyeluruh dengan mengedepankan kebersamaan dan sustainability," ujar dia.

Sandiaga juga berharap, TWG G20 dapat menghasilkan program konkret yang dapat dikerjasamakan antar negara yang bergabung dalam G20.

Baca juga: 5 Pulau Tak Berpenghuni di Indonesia versi Kemenparekraf, Bisa untuk Kunjungan Wisata

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.