Kompas.com - 12/02/2022, 16:14 WIB

KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (AP I) mencatat adanya kenaikan jumlah penumpang sebanyak 17 persen, atau hingga 3,49 juta orang, pada Januari 2022 di 15 bandara yang dikelolanya. 

Adapun persentase kenaikan tersebut jika dibandingkan dengan periode yang sama pada Januari 2021, yaitu sebesar 2,11 juta orang. 

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan, menjadi bandara yang melayani penumpang terbanyak pada bulan Januari 2022. Bandara tersebut melayani hingga 748.235 penumpang.

Di peringkat kedua ada Bandara Internasional Juanda di Surabaya, Jawa Timur, yang melayani hingga 715.861 penumpang. 

Baca juga:

Sementara itu, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali, ada di posisi ketiga. Bandara tersebut melayani hingga 593.994 penumpang. 

"Secara rata-rata, pergerakan penumpang di 15 bandara yang kami kelola per hari di bulan Januari ini mencapai 112.144 penumpang per hari, atau meningkat hingga 44 persen, jika dibandingkan rata-rata pergerakan penumpang per hari di tahun 2021 sebesar 77.574 penumpang per hari,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi, melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima, Rabu (9/2/2022).

Salah satu bandara internasional di Indonesia, Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.SHUTTERSTOCK / structuresxx Salah satu bandara internasional di Indonesia, Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Tidak hanya jumlah penumpang, pertumbuhan juga terjadi pada trafik pergerakan pesawat. 

Trafik pergerakan pesawat pada bulan Januari 2022 mencapai hingga 36.534 pergerakan, atau naik hingga delapan persen bila dibandingkan dengan bulan Januari 2021 yang sebanyak 33.708 pergerakan.

Baca juga:

Rata-rata pergerakan pesawat mencapai 1.133 pergerakan per hari, atau meningkat hingga 23 persen dibandingkan rata-rata pergerakan pesawat bulan Januari 2021 yang sebanyak 916 pergerakan per hari. 

Faik juga mengimbau calon penumpang untuk menerapkan protokol kesehatan secara konsisten, mulai dari sebelum keberangkatan hingga setibanya di tujuan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.