Kompas.com - 12/02/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, beredar di media sosial bahwa kawasan Dieng mengalami bencana banjir dan tanah longsor.

Kompas.com Kamis, (10/2/2022) memberitakan bahwa banjir disebabkan luapan air dari selokan karena curah hujan yang tinggi.

“Untuk kawasan Dieng Banjarnegara, seperti Candi Arjuna, tidak terjadi tanah longsor,” kata Kepala UPT Dieng Banjarnegara Sri Utami kepada Kompas.com, Kamis.

Baca juga: Banjir Melanda, Jalur Wisata Dieng Dipastikan Aman

Ia melanjutkan bahwa wisata Dieng tetap buka seperti biasa karena sudah dilakukan pembersihan.

Apabila ingin berkunjung ke Dieng saat musim hujan, Kompas.com merangkum 5 tipsnya berikut ini:

1. Berangkat pagi hari

Hujan di kawasan Dieng biasanya turun pada siang atau sore hari. Meski tidak selalu begitu, wisatawan diimbau berangkat pagi hari.

Kompleks Candi Arjuna di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN Kompleks Candi Arjuna di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

“Kalau pagi hari, kemungkinan hujannya kecil,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto kepada Kompas.com, Kamis.

2. Berhenti ketika hujan lebat

Wisatawan yang berangkat ke Dieng dan saat perjalanan hujan turun dengan lebat, mereka diimbau berhenti terlebih dahulu.

Baca juga: Dieng Beku Awal Januari 2022, Fenomena yang Beda dari Biasanya

“Segera mencari titik aman untuk berhenti dahulu untuk kendaraannya, istirahat di situ sampai hujan reda,” ujar Agung.

3. Jangan nekat pulang saat hujan deras

Agung melanjutkan bahwa pengunjung yang ada di tempat wisata Dieng diimbau tidak nekat pulang saat hujan deras.

Pengendara sepeda motor nyaris terjatuh saat menerjang arus banjir yang melanda jalan provinsi di Desa Bakal, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis (3/2/2022).KOMPAS.COM/TANGKAPAN LAYAR Pengendara sepeda motor nyaris terjatuh saat menerjang arus banjir yang melanda jalan provinsi di Desa Bakal, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis (3/2/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.