Kompas.com - 13/02/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Provinsi Jawa Tengah memiliki sejumlah mal yang tersebar di beberapa kota. Mengutip dari Cambridge Dictionary, definisi mal atau shopping mall adalah area perbelanjaan besar yang biasanya tertutup, di mana mobil tidak diperbolehkan melintas.

Selain itu, sebuah tempat disebut mal apabila berupa bangunan yang sangat besar atau bangunan yang berisi banyak toko dan restoran, biasanya memiliki tempat parkir di area luar.

Namun, tidak semua pusat perbelanjaan bisa disebut dengan mal, seperti hypermarket, supermarket, dan departement store. Biasanya, hypermarket, supermarket, dan departement store berada di dalam mal.

Mengutip Kompas.com, Selasa (16/08/2021), hypermarket adalah pusat belanja modern dengan luasan lantai di atas 5.000 meter persegi.

Baca juga: 8 Mal di Jakarta dengan Area Outdoor Instagramable, Cocok buat Foto

Sedangkan, supermarket adalah pusat belanja modern dengan luasan lantai antara 400 sampai 5.000 meter persegi dan departement store adalah pusat belanja modern dengan luasan lantai di atas 400 meter persegi.

Berikut beberapa mal terkenal di Jawa Tengah. Sebagian besar berada di pusat kota serta memiliki bangunan yang luas dan besar. 

1. Mal Ciputra, Semarang

Mal Ciputra terletak di jalan Simpang Lima Semarang,  kawasan bisnis yang paling strategis di kota Semarang.

Mal Ciputra, Semarang salah satu mal terkenal di Jawa Tengah.Dok. http://malciputrasemarang.com Mal Ciputra, Semarang salah satu mal terkenal di Jawa Tengah.

Mengutip situs resmi Mal Ciputra Semarang, pusat perbelanjaan ini memiliki luas lebih dari 40.000 meter persegi. Saat ini, Mal Ciputra Semarang berisi lebih dari 200 tenant yang terdiri dari berbagai branded tenant maupun local tenant.

Mal ini memiliki konsep konsep lifestyle shopping centre yang memadukan design interior modern klasik. Mal Ciputra jua rutin mengadakan event sepanjang tahun pada hari-hari spesial.

Event yang unik dari Mal Ciputra Semarang adalah Jazz In The Mall yang hadir disetiap bulan bersama komunitas musik jazz Kota Semarang serta stasiun radio. Ini merupakan satu-satunya event jazz yang diselenggarakan di dalam mal.

2. Paragon Mall, Semarang

Pollux Mall Paragon atau lebih dikenal sebagai Paragon Mall Semarang mengusung konsep one stop destination yang menggabungkan pusat perbelanjaan modern, tempat rekreasi keluarga, dan hotel bintang lima.

Paragon Mall, Semarang salah satu mal terkenal di Jawa Tengah. Dok. https://paragonsemarang.id Paragon Mall, Semarang salah satu mal terkenal di Jawa Tengah.

Mengutip situs resmi Paragon Semarang, mal yang mulai beroperasi pada 22 April 2010 ini terletak di lokasi yang sangat strategis, yakni Jalan Pemuda Semarang.

Mal ini memiliki eksterior dan interior megah yang mencerminkan bangunan dinamis dan modern. Dari luar, bangunan mal dan hotel berbentuk heksagonal mirip seperti bahtera raksasa.

Mal ini juga mengusung konsep bangunan eco green melalui skylight atap-atap kaca di puncak gedung sehingga sinar matahari dapat masuk pada siang hari.

Baca juga: 10 Mal yang Tak Patuh Gunakan PeduliLindungi, Menurut Kemenkes

Paragon Mall memiliki beberapa event, antara lain Semarang Fashion Festival, Paragon Midnight Shopping, Pengundian Mall Prize, dan Paragon Food Festival.

Pusat perbelanjaan di Kota Semarang ini dilengkapi dengan lebih dari 180 tenant nasional maupun internasional. Pengelola membagi mal menjadi beberapa zona untuk memudahkan pelanggan.

Ada lantai ground untuk tenant internasional, lantai satu untuk tenant fesyen, lantai dua untuk tenant fesyen dan restoran, serta lantai tiga untuk entertainment dan gadget.

3. Java Supermall Semarang

Java Supermall dulunya bernama Java Mall. Berlokasi di Jalan Letjen MT Haryono Semarang. Mal ini memiliki desain bangunan khas yang berbentuk kubah di atas mal.

Java Supermall memiliki tenant yang terbilang cukup komplit mulai dari makanan siap saji hingga ritel modern. Selain itu, pengunjung dapat menyaksikan pemutaran film di Cinemaxx.

Baca juga: 10 Mal di Jakarta yang Paling Banyak Dikunjungi Menurut PeduliLindungi

Pusat perbelanjaan ini lebih ramai saat ada pameran komputer. Lokasi Java Supermall berdekatan dengan pusat perbelanjaan lainnya di Kota Semarang.  

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.