Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Info Soal Desa Wisata, Kini Juga Bisa Lewat Aplikasi

Kompas.com - 14/02/2022, 14:04 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkunjung ke desa wisata bisa menjadi pilihan bagi para pelancong yang ingin lebih mengenali daerah yang dikunjungi.

Jika masih bingung mencari informasi seputar desa wisata yang akan dikunjungi, aplikasi Desa Wisata Nusantara yang dikelola Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi bisa jadi salah satu pilihan.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menjelaskan, masyarakat bisa mengakses informasi seputar desa wisata melalui aplikasi tersebut, termasuk seputar karakteristik desa, fasilitas akomodasi, tempat wisata laut, kuliner, dan lainnya.

Aplikasi bisa diakses gratis oleh pengguna hanya dengan mengunduhnya.

"Termasuk kalau misalnya ada masyarakat yang ingin menginap memanfaatkan jasa homestay BUM Desa, di aplikasi itu sudah tercantum link jadi bisa langsung cek lokasinya, berapa harga semalam, jenis kamar."

"Jadi kami berusaha menyiapkan aplikasi yang holistik untuk desa wisata di Indonesia," ucap Halim kepada Kompas.com, Jumat, (11/02/2022).

Baca juga: 5 Desa Wisata yang Wajib Dikunjungi Tahun 2022 Menurut Sandiaga

Saat ini, terdapat informasi dari 247 desa wisata yang tercantum dalam aplikasi yang baru diluncurkan sekitar 1,5 bulan lalu itu.

Halim mengatakan, desa yang dimasukkan ke aplikasi adalah desa-desa yang sudah menyertakan informasi lengkap.

Semua informasi diberikan langsung oleh pihak desa wisata, sementara Kemendes hanya memberikan pendampingan.

"Kami tidak intervensi, hanya memberi pendampingan misalnya cara memilih foto yang bagus," tuturnya.

Kompas.com mencoba mengunduh aplikasi Desa Wisata Nusantara dan mencoba mencari informasi seputar desa wisata yang tercantum di dalamnya.

Pada setiap destinasi, pengguna bisa mendapatkan informasi lokasi lengkap dan situs destinasi terkait. Namun, rata-rata destinasi belum menyertakan tautan situs resmi yang bisa diakses.

Meski begitu, pengguna bisa mendapatkan informasi lain, misalnya soal kontak pengelola, deskripsi singkat tentang masing-masing destinasi, aktivitas yang dapat dilakukan di lokasi, serta panduan menuju lokasi.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com