Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
NAWA CAHAYA

Terletak di Ujung Barat Indonesia, Berikut Destinasi yang Wajib Disambangi di Pulau Weh

Kompas.com - 14/02/2022, 19:12 WIB
Anissa DW,
Sheila Respati

Tim Redaksi


KOMPAS.com – “Pintu gerbang Indonesia.” Julukan ini tepat untuk menggambarkan Pulau Weh, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Pasalnya, pulau utama dan terbesar di Sabang ini terletak di ujung barat Indonesia.

Pulau Weh dikenal karena keindahan dan kekayaan baharinya yang menarik bagi pencinta olahraga menyelam. Selain keindahan bahari, pemandangan alam Pulau Weh juga menarik bagi para penggemar foto lanskap.

Tak hanya itu, keasrian bentang alam Pulau Weh membuat destinasi ini cocok bagi pelancong yang ingin lepas sejenak dari hiruk pikuk perkotaan dan menikmati keindahan alam.

Berikut Kompas.com sudah merangkum empat destinasi wisata yang wajib masuk itinerari saat berpelesir ke Pulau Weh.

1. Menikmati sunset di Tugu Kilometer Nol

Destinasi yang wajib masuk itinerari bila berlibur ke pulau paling barat di Indonesia adalah Tugu Nol Kilometer. Tugu setinggi 22,5 meter ini berlokasi di sisi barat Pulau Weh atau tepatnya di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Baca juga: Dari Sabang sampai Ende, Berikut 9 Destinasi Wisata yang Bisa Dipotret saat Gelap dengan Smartphone

Selain berfoto dengan Tugu Nol Kilometer sebagai latar, suasana sunset di destinasi wisata ini juga bisa dijadikan latar foto ciamik. Pasalnya, monumen ini terletak di atas tebing yang menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Setelah puas berfoto, jangan lupa untuk mencetak sertifikat KM Nol Indonesia sebagai kenang-kenangan dan bukti Anda.

2. Menyelami keindahan bawah laut Pantai Iboih

Tak jauh dari Tugu Kilometer Nol, tepatnya sekitar 7 kilometer (km) ke arah tenggara, Anda akan menemukan Pantai Iboih yang menjadi destinasi wisata populer di Pulau Weh.

Pantai Iboih memiliki dua jenis garis pantai yang berbeda, yakni pantai dengan pasir putih dan bebatuan alam. Pemandangan garis pantai makin indah dengan air laut yang jernih dan membentuk gradasi warna biru laut yang khas.

Selain kawasan pantai yang eksotis, Pantai Iboih juga punya taman bawah laut alami dengan beragam ikan hias dan terumbu karang. Untuk menikmatinya, pengunjung bisa melakukan snorkeling atau diving dengan menyewa peralatan di sekitar pantai.

3. Menjelajah Gua Sarang

Terletak di sebelah barat Pulau Weh, Gua Sarang menjadi destinasi yang tepat bagi wisatawan yang menyukai petualangan. Pasalnya, gua ini terletak cukup tersembunyi di balik bukit dengan rute jalan yang diimpit jurang dan tebing.

Baca juga: 5 Wisata Alam di Sabang, Bawah Laut hingga Gunung Api

Sesuai namanya, Gua Sarang merupakan tempat alami burung walet bersarang. Destinasi ini berada di Desa Gampong Iboih, Sukakarya. Gua ini langsung menghadap ke laut lepas, tepatnya Samudra Hindia. Untuk mencapai mulut gua, wisatawan harus menuruni puncak gua dengan menelusuri ratusan anak tangga.

Saat air laut sedang surut, pengunjung juga bisa menjelajahi tujuh mulut Gua Sarang dan bebatuan gunung yang menyembul dari laut dengan menyewa perahu motor.

4. Menikmati pasir hitam Pantai Anoi Itam

Berjarak sekitar 10 km dari pusat Kota Sabang, Pantai Anoi Itam merupakan satu-satunya pantai berpasir hitam di Pulau Weh. Warna hitam itu berasal dari kandungan nikel yang tinggi dalam komposisi mineral penyusun pasir.

Perpaduan pasir pantai berwarna hitam, pepohonan hijau di sekitar pantai, dan birunya air laut menghasilkan pemandangan yang unik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com