Kompas.com - 14/02/2022, 19:12 WIB


KOMPAS.com – “Pintu gerbang Indonesia.” Julukan ini tepat untuk menggambarkan Pulau Weh, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Pasalnya, pulau utama dan terbesar di Sabang ini terletak di ujung barat Indonesia.

Pulau Weh dikenal karena keindahan dan kekayaan baharinya yang menarik bagi pencinta olahraga menyelam. Selain keindahan bahari, pemandangan alam Pulau Weh juga menarik bagi para penggemar foto lanskap.

Tak hanya itu, keasrian bentang alam Pulau Weh membuat destinasi ini cocok bagi pelancong yang ingin lepas sejenak dari hiruk pikuk perkotaan dan menikmati keindahan alam.

Berikut Kompas.com sudah merangkum empat destinasi wisata yang wajib masuk itinerari saat berpelesir ke Pulau Weh.

1. Menikmati sunset di Tugu Kilometer Nol

Destinasi yang wajib masuk itinerari bila berlibur ke pulau paling barat di Indonesia adalah Tugu Nol Kilometer. Tugu setinggi 22,5 meter ini berlokasi di sisi barat Pulau Weh atau tepatnya di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Baca juga: Dari Sabang sampai Ende, Berikut 9 Destinasi Wisata yang Bisa Dipotret saat Gelap dengan Smartphone

Selain berfoto dengan Tugu Nol Kilometer sebagai latar, suasana sunset di destinasi wisata ini juga bisa dijadikan latar foto ciamik. Pasalnya, monumen ini terletak di atas tebing yang menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Setelah puas berfoto, jangan lupa untuk mencetak sertifikat KM Nol Indonesia sebagai kenang-kenangan dan bukti Anda.

2. Menyelami keindahan bawah laut Pantai Iboih

Tak jauh dari Tugu Kilometer Nol, tepatnya sekitar 7 kilometer (km) ke arah tenggara, Anda akan menemukan Pantai Iboih yang menjadi destinasi wisata populer di Pulau Weh.

Pantai Iboih memiliki dua jenis garis pantai yang berbeda, yakni pantai dengan pasir putih dan bebatuan alam. Pemandangan garis pantai makin indah dengan air laut yang jernih dan membentuk gradasi warna biru laut yang khas.

Selain kawasan pantai yang eksotis, Pantai Iboih juga punya taman bawah laut alami dengan beragam ikan hias dan terumbu karang. Untuk menikmatinya, pengunjung bisa melakukan snorkeling atau diving dengan menyewa peralatan di sekitar pantai.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.