Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Negara yang Larang Perayaan Hari Valentine, Ada Indonesia

Kompas.com - 14/02/2022, 20:08 WIB
Desi Intan Sari,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Hari Valentine yang jatuh pada 14 Februari setiap tahunnya biasanya dirayakan oleh para pasangan yang sedang berbahagia. 

Saat Hari Valentine tiba, ada banyak orang yang mempersiapkan hadiah untuk orang terkasih, entah pasangan, keluarga maupun teman.  

Kebanyakan hadiah di Hari Valentine yang populer adalah coklat, bunga hingga hadiah mewah lainnya. 

Baca juga: 7 Tradisi Unik Hari Valentine, Ada yang Berikan Sendok Cinta

Meski perayaan ini terkenal dan hampir seluruh dunia merayakannya, ternyata ada sejumlah negara di dunia yang melarang adanya perayaan Hari Valentine, berikut daftarnya, dikutip dari Travel Awaits, Senin (14/2/2022). 

1. Arab Saudi

Arab Saudi adalah negara islam dan memiliki Mekkah sebagai kota yang suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Banyak pekerja asing yang ada bekerja di Arab Saudi. Namun, mereka dilarang merayakan Hari Valentine

Aktivis sayap kanan India Bajrang Dal membakar patung yang melambangkan Hari Valentine selama protes di Hyderabad, India, Sabtu, 12 Februari 2022. AP PHOTO/MAHESH KUMAR A Aktivis sayap kanan India Bajrang Dal membakar patung yang melambangkan Hari Valentine selama protes di Hyderabad, India, Sabtu, 12 Februari 2022.

Ketika tiba tanggal 14 Februari, barang – barang yang berhubungan dengan perayaan Valentine, seperti mawar merah dilarang dijual.

Baca juga: 8 Museum Aneh di Dunia, Ada Museum Patah Hati

Polisi agama atau disebut juga pejabat komisi kebajikan dan pencegahan kejahatan akan berpatroli di jalan saat Hari Valentine tiba. Mereka menyita apa pun barang yang dianggap memiliki keterkaitan dengan Hari Valentine. 

Kemudian, bagi siapa yang ketahuan merayakannya bisa mendapat hukuman. Polisi agama tak pandang bulu. Semua bisa terkena hukuman, entah itu penduduk lokal maupun orang asing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com