Kompas.com - 15/02/2022, 11:27 WIB

KOMPAS.com - Para pebalap MotoGP yang tiba di Mandalika sejak Senin (07/02/2022) sempat membagikan momen kegiatan mereka sebelum menjalani tes pramusim pada 11-13 Februari 2022.

Beberapa di antara mereka terlihat berinteraksi dengan warga dan beraktivitas di sekitar Mandalika, seperti jalan-jalan di pantai, bersepeda, dan membeli kartu perdana.

Ada pula warga yang membagikan foto mereka yang bertemu dengan pebalap MotoGP.

Sejumlah warganet pun mempertanyakan mengapa para pebalap bisa berkeluyuran di sekitar Mandalika, termasuk mempertanyakan sistem travel bubble yang diterapkan.

Diketahui pada saat kedatangan, pebalap MotoGP dan ofisial tidak menjalani karantina layaknya aturan bagi para pengunjung yang datang dari luar negeri.

Mereka langsung menuju hotel masing-masing, sesuai dengan aturan travel bubble yang tertuang dalam surat edaran (SE) Nomor 5 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Sistem Bubble pada Kegiatan MotoGP 2022 di Mandalika dalam Masa Pandemi COVID-19.

Meski tidak karantina, pada skema travel bubble berarti para pelakunya diperbolehkan melakukan mobilisasi hanya dalam area tertentu.

Baca juga:

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjelaskan bahwa Satgas Covid-19 mengelompokkan sistem bubble didasarkan atas tingkat risiko sebuah wilayah.

Bila wilayah tersebut berisiko tinggi, maka interaksi orang antar-bubble tidak diizinkan, serta jumlah orang dalam Bubble tidak dapat ditambah.

"Namun, jika risiko sedang dan rendah, interaksi orang antar-bubble diizinkan namun dengan protokol kesehatan yang ketat," jelas Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (14/02/2022).

Menurut dia, para pebalap mengunggah tempat-tempat wisata yang dekat lokasinya dari hotel, serta masih merupakan bagian dari wilayah Bubble.

Sandiaga menambahkan, kegiatan para pebalap terus dipantau oleh pihak berwenang, termasuk kegiatan sehari-hari serta jadwal pemeriksaan antigen dan PCR.

"Kegiatan travel bubble khususnya pada kegiatan pramusim MotoGP Mandalika semua berjalan lancar, mulai dari hotel hingga ke area paddock, sesuai dengan Surat Edaran Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 5 Tahun 2022," tegasnya.

Baca juga: Begini Alur Skema Travel Bubble untuk MotoGP Mandalika

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.