Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
NAWA CAHAYA

Menelusuri Spot Instagramable di Kawah Putih Ciwidey

Kompas.com - 15/02/2022, 14:02 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Indonesia memiliki banyak destinasi wisata alam yang mampu memanjakan mata para wisatawan. Salah satunya adalah Kawah Putih Ciwidey yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Untuk diketahui, destinasi wisata tersebut merupakan danau kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Air pada kawah itu memiliki kandungan asam yang tinggi akibat campuran belerang dengan berbagai unsur senyawa yang ada di dalam tanah.

Hal tersebut yang menyebabkan permukaan air di kawah menjadi berwarna putih kehijauan atau malah biru dan coklat.

Warna di kawah itu bahkan dapat berubah sesuai temperatur konsentrasi sulfur di dalamnya. Kondisi inilah yang menjadi keindahan utama dari Kawah Putih Ciwidey hingga tempat tersebut begitu diminati wisatawan.

Baca juga: Info Kawah Putih Ciwidey, Harga Tiket, Jam Buka, Lokasi, dan Penemu

Tak sampai di situ, karena lokasi wisata tersebut terletak di sebuah gunung, Kawah Putih Ciwidey juga dikelilingi hutan yang membuat suasana menjadi asri.

Kelebihan-kelebihan tersebut akhirnya membuat destinasi wisata ini diminati pencinta fotografi karena dinilai memiliki banyak spot foto menarik dan instagramable.

Untuk membuktikan hal itu, produsen smartphone, realme, menjalin kerja sama dengan National Geographic Indonesia dengan menyelenggarakan ekspedisi fotografi bertajuk Nawa Cahaya: Capture The Unique Lights in Indonesia.

Nawa Cahaya sendiri bermakna sembilan cahaya yang merepresentasikan sembilan destinasi dengan keunikan cahaya dari barat ke timur Indonesia.

Destinasi tersebut adalah Kawah Putih Ciwidey di Jawa Barat, Kawah Ijen, Kayangan Api, dan Air Terjun Toroan di Jawa Timur, Gua Berlian di Sulawesi Tengah, Pantai Balik Gunung di Aceh, Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur, Gua Jomblang di Daerah Istimewa Yogyakarta, serta Danau Semayang di Kalimantan Timur.

Program tersebut dibuat untuk memperlihatkan keindahan destinasi alam yang selama ini hanya bisa dinikmati oleh mata telanjang, tetapi sulit untuk diabadikan oleh kamera smartphone.

Baca juga: 3 Spot Foto Favorit di Kawah Putih Ciwidey, Bisa Lihat Sunrise

Melalui ekspedisi tersebut, para fotografer yang terlibat akan mengambil gambar di sembilan destinasi menggunakan realme 9 Pro+. Aktivitas ini juga menjadi sebuah pembuktian akan kualitas kamera flagship realme 9 Pro+. Khususnya, saat mengabadikan momen pada kondisi cahaya minim.

Sebagai informasi, realme 9 Pro+ hadir dilengkapi dengan sensor kamera flagship Sony IMX766. Tak hanya itu, realme menyematkan optical image stabilization (OIS) agar proses pengambilan gambar menjadi lebih stabil.

Dengan begitu, foto yang dihasilkan menjadi semakin detail dan tajam. Untuk melihat hasil foto dari perjalanan Nawa Cahaya: Capture the Unique Lights in Indonesia dengan realme 9 Pro+, kamu bisa mengunjungi tautan berikut.

Saat berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey, tim Nawa Cahaya berhasil mengabadikan banyak momen melalui beberapa spot menarik yang memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com