Kompas.com - 15/02/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com – Wisata alam di kawasan Bandung, Jawa Barat, memang tak pernah membuat wisatawan bosan karena ada banyak tempat yang bisa dijelajahi. 

Setiap tempat wisata alam di Bandung memiliki keunikan dan daya tarik masing-masing yang membuat orang-orang selalu ingin datang lagi dan lagi.

Berikut ini Kompas.com telah merangkum daftar tempat wisata alam di Bandung yang punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan serta wajib untuk dikunjungi saat liburan. 

Baca juga: 7 Oleh-oleh Kekinian Bandung, Ada Berbagai Jenis Cake dan Kopi

1. Ranca Upas

Wisata alam yang satu ini menawarkan panorama perbukitan yang indah, dan punya daya tarik berupa adanya hewan-hewan yang berkeliaran bebas. 

Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas, salah satu tempat camping di Bandung, Jawa Barat, Indonesia.SHUTTERSTOCK/AKBARABAY Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas, salah satu tempat camping di Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Ranca Upas berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Patengan Nomor Km 11, Patengan, Rancabali, Bandung. Tempat ini cocok dijadikan tujuan wisata untuk rombongan keluarga. 

Aktivitas yang bisa dilakukan adalah berkemah, outbound, mandi di kolam air panas, dan melihat rusa-rusa yang ada di penangkaran. 

Baca juga: 10 Kafe Instagramable Dago Bandung, Bisa untuk Nongkrong dan Kerja

Sambil melihat para rusa, wisatawan bisa memberi makan berupa sayuran atau rumput yang bisa menjadikan pengalaman ini sangat menyenangkan, khususnya bagi anak-anak. 

2. Tahura Ir H Djuanda

Mencari tempat wisata alam yang masih asli dan asri, kamu bisa mencoba datang ke Taman Hutan Raya Ir H Djuanda atau Tahura Djuanda.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang dikelola oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.Instagram @tahuradjuanda.official Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang dikelola oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

Taman yang berlokasi di Kompleks Tahura, Jalan Ir H Juanda Nomor 99, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat ini merupakan kawasan konservasi yang dilindungi. 

Luasnya sekitar 526,98 hektar dengan menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah berupa hutan pinus, sungai dan juga air terjun, dikutip dari situs resminya

 Baca juga: 12 Kafe Instagramable di Bandung, Ada Kafe Bergaya Meksiko

Tempat ini merupakan bagian dari daerah Cekungan Bandung yang punya latar belakang sejarah erat dengan zaman purba.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.