Kompas.com - 15/02/2022, 18:31 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Dalam dunia pariwisata, khususnya di Manggarai Raya, kopi tidak hanya dijadikan teman menikmati hidangan di pagi atau sore hari.

Kopi juga menjadi teman wisatawan dalam menikmati pemandangan dan salah satu oleh-oleh khas saat mereka kembali ke daerah atau negara asalnya.

Seiring pesatnya pertumbuhan pariwisata, munculah konsep baru dalam berwisata, yaitu agrowisata. Konsep ini adalah upaya mengolaborasikan keindahan alam dan hasil bumi, salah satunya kopi.

Baca juga: Penti, Upacara Adat di Wae Rebo untuk Sambut Musim Tanam Tiba

Proses saat ikut menanam sampai memanen dan menikmati kopi adalah pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan.

Geliat agrowisata kopi di Manggarai Raya pun sudah dimulai dengan adanya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) yang fokus pada pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf).

Ada pula dukungan dari keuskupan, serta asosiasi seperti Asosiasi Petani Kopi dan Jahe Manggarai (APEKAM), juga Masyarakat Peduli Indikasi Geografis (MPIG).

Baca juga: Jadi Lokasi Side Event, Labuan Bajo Siap Sambut G20

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) hadir dalam acara peresmian pemindahan Bengkes Cafe, di Desa Cireng, Kecamatan Satar Mese Utara, Minggu (12/2/2022).

Selain hadir untuk memberi dukungan dan siap berkolaborasi, kehadiran BPOLBF juga menjadi bukti keberlanjutan program Benchmarking yang diadakan di tahun 2021.

Dalam program tersebut, BPOLBF mengirim beberapa orang anggota APEKAM, termasuk pemilik Bengkes Cafe untuk mengikuti studi banding tentang kopi ke sejumlah kota di Pulau Jawa.

Dirut BPOLBF Shana Fatina mengatakan, kini kopi sudah menduduki tempat tersendiri di hati para wisatawan. Ia berharap para pengurus APEKAM tetap solid, sehingga tetap menjadikan kopi sebagai produk unggulan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.