Kompas.com - 16/02/2022, 17:29 WIB

KOMPAS.com - Kasus wisatawan yang diduga mengalami penipuan agen perjalanan wisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali terjadi baru-baru ini.

Untuk menghindari mengalami kejadian yang sama, ada sejumlah tips yang bisa kamu terapkan.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina, menyampaikan bahwa pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan pengawasan dengan pihak-pihak terkait.

Selain itu, ia juga mengimbau para wisatawan agar dapat memperbanyak informasi mengenai agen perjalanan yang terpercaya.

Baca juga: Dugaan Kasus Penipuan Agen Travel di Labuan Bajo, BPOLBF Tindak Lanjuti

"Kami fokus dan komitmen untuk membuat pelayanan wisatawan agar nyaman di Labuan Bajo. Jadi, kepada teman-teman, dengan adanya teknologi, silakan cari banyak-banyak referensi," ujar Shana kepada Kompas.com, Rabu (16/2/2022).

Ia melanjutkan, kejadian serupa sudah beberapa kali terjadi. Kasus penipuan juga dapat ditemukan di mana saja, sehingga sebaiknya wisatawan bisa lebih waspada dan mengantisipasi.

Lantas, apa yang sebaiknya kamu lakukan jika ingin tetap aman selama berlibur dengan paket wisata dari agen perjalanan?

Berikut sejumlah tips dari Shana agar wisatawan bisa menjalani perjalanan wisata yang aman dan lancar.

1. Jangan mudah tergoda open trip murah

Penting bagi wisatawan untuk tidak mudah tergoda dengan paket perjalanan wisata yang harganya murah, sampai terasa tidak wajar.

Menurut Shana, wisatawan sebaiknya bisa mengantisipasi peluang-peluang penipuan jika menemukan paket wisata yang terlalu murah dari agen perjalanan.

"Harus waspada kalau harganya terlalu murah. Misalnya harga Rp 2 juta untuk menginap di kapal lengkap fasilitas untuk tiga hari dua malam, ya itu sudah tidak wajar," jelasnya.

Ia mengungkapkan, harga paket wisata ke Labuan Bajo cukup tinggi, sehingga sebaiknya kamu mengecek harga di pasaran terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Tips Liburan Mewah ke Labuan Bajo, Ini Kisaran Harganya

Foto dirilis Minggu (4/7/2021), memperlihatkan wisatawan menaiki sekoci untuk menuju Pulau Kelor, Nusa Tenggara Timur. Pandemi Covid-19 yang menghantam sektor pariwisata, membuat pemerintah terus melakukan penataan di kawasan Labuan Bajo dengan harapan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pariwisata yang menurun saat ini.ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGA Foto dirilis Minggu (4/7/2021), memperlihatkan wisatawan menaiki sekoci untuk menuju Pulau Kelor, Nusa Tenggara Timur. Pandemi Covid-19 yang menghantam sektor pariwisata, membuat pemerintah terus melakukan penataan di kawasan Labuan Bajo dengan harapan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pariwisata yang menurun saat ini.

2. Dapatkan rekomendasi dari orang lain

Selanjutnya, sangat penting untuk mendapatkan referensi dari orang-orang yang kamu percaya.

Selain pemerintah, rekomendasi yang bisa kamu dapatkan mungkin berasal dari kerabat atau kolega yang tinggal di daerah tersebut, maupun yang pernah berkunjung.

"Sehingga benar-benar jadi jaminan meminimalisasi penipuan," kata Shana.

Baca juga: Jadi Lokasi Side Event, Labuan Bajo Siap Sambut G20

3. Cek review di media sosial

Meski terkadang apa yang ditampilkan di media sosial bisa dibuat lebih bagus dari kenyataannya, kamu bisa mengantisipasi dengan mengecek review atau ulasan dari warganet.

"Sekarang jaman digital, jangan mudah tertipu foto-foto bagus dan segala macamnya," pesan Shana.

Ia menambahkan, sebelum memesan, pastikan untuk mengecek keberadaan agen perjalanan tersebut. Salah satunya terkait apakah posisi atau kantornya bisa ditemukan di Labuan Bajo atau tidak. 

Baca juga: Itinerary Wisata 5 Hari 4 Malam di Labuan Bajo, Alam sampai Budaya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.