BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif

Catat, Berikut Tiga Ide Liburan Seru #DiIndonesiaAja, mulai dari Nonton MotoGP hingga Merapah Pulau Jawa

Kompas.com - 16/02/2022, 17:31 WIB

KOMPAS.com – Sebutan “surga dari timur” memang beralasan disematkan kepada Indonesia. Negeri dengan puluhan ribu pulau ini punya beragam destinasi menarik. Mulai dari destinasi alam, kota, kuliner, hingga atraksi ada #DiIndonesiaAja.

Bahkan, saking indah dan bermacam-macam, sebagian orang memilih berwisata dalam negeri untuk menikmati #WonderfulIndonesia ketimbang vakansi ke luar negeri. Terlebih, saat ini, pandemi Covid-19 masih terjadi sehingga berwisata di Indonesia merupakan pilihan terbaik untuk rehat sejenak dari aktivitas.

Bagi kamu yang ingin menjelajah Indonesia, awal 2022 merupakan waktu yang tepat untuk menyusun rencana liburan. Untuk memudahkan, Kompas.com rangkum tiga rekomendasi ide menarik berlibur di Indonesia.

1. Nonton MotoGP di Mandalika

Penantian pencinta balap motor akan gelaran MotoGP di Indonesia segera terbayar. Setelah hampir 25 tahun absen sebagai tuan rumah, Indonesia bakal kembali menggelar ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu.

Baca juga: Harga Tiket Formula E Mirip MotoGP Mandalika, Ini Rincian Harganya

Gelaran tersebut akan diselenggarakan di Sirkuit Internasional Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 18-20 Maret 2022. Penggemar MotoGP pun tak perlu ke negeri tetangga untuk menyaksikan Fabio Quartararo, Marc Marquez, Pecco Bagnaia, dan pebalap internasional lain bersaing.

Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB.Foto: MotoGP.com Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB.

Selain menyaksikan MotoGP, kamu bisa mendapatkan bonus destinasi wisata lain. Pasalnya, Mandalika terkenal akan keindahan alam dan kekayaan budaya.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata itu menghadap langsung Samudra Hindia. Pantainya terkenal indah dengan ombak yang ramah bagi peselancar. Sebut saja Pantai Ubrug, Pantai Tanjung Aan, Pantai Selong, dan Pantai Kuta Mandalika.

Mandalika juga memiliki sejumlah desa wisata unik nan kaya budaya Sasak. Kamu bisa belajar budaya suku tersebut, menikmati kulinernya, serta membeli produk ekonomi kreatif (ekraf) hasil karya masyarakat setempat.

Lantaran punya banyak bonus destinasi, gelaran MotoGP di Mandalika bisa dimasukkan ke dalam resolusi wisata 2022. Sebagai catatan, kamu perlu menyiapkan itinerari wisata setidaknya untuk 7 hari agar jalan-jalan ke salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) tersebut berkesan dan komplet.

Adapun 10 DPSP di Indonesia adalah Mandalika di NTB, Pulau Morotai di Maluku Utara, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Danau Toba di Sumatera Utara, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Borobudur di Jawa Tengah, Kepulauan Seribu di DKI Jakarta, Tanjung Lesung di Banten, Bromo di Jawa Timur, dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Terkait dengan MotoGP di Mandalika, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sudah melakukan persiapan untuk mendukung ajang balap tersebut, mulai dari sumber daya manusia (SDM) andal hingga akomodasi yang memadai.

Saat meninjau persiapan, Sabtu (12/1/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa pemerintah akan maksimal dalam mempersiapkan gelaran tersebut. Pasalnya, ajang balap MotoGP dapat memberikan dampak bagi sektor pariwisata dan ekraf Indonesia, khususnya NTB.

Baca juga: Pengamat Tanah Air Puji Langkah Cepat untuk Benahi Sirkuit Mandalika

“Kami siapkan pre-event dan produk-produk ekraf. Kami pastikan bahwa perhelatan MotoGP menjadi sinyal kebangkitan ekonomi,” tutur Sandiaga seperti dikutip dari laman Kemenparekraf.

Sandiaga pun meminta stakeholder pariwisata dan ekraf untuk segera melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan harmonisasi. Ia juga mengajak masyarakat untuk menyukseskan gelaran tersebut.

“(Pasalnya), perhelatan MotoGP dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat NTB khususnya,” tuturnya.

2. Road trip merapah Pulau Jawa dari barat ke timur

Bagi pecinta traveling dari satu kota ke kota lain, merapah atau menyusuri Pulau Jawa menjadi satu rencana liburan yang mengasyikkan. Pasalnya, pulau dengan penduduk terpadat di Indonesia ini memiliki banyak kota yang patut disambangi.

Untuk ide wisata tersebut, kamu bisa mengambil konsep road trip, yakni berwisata menyusuri kota ke kota menggunakan mobil. Selain lebih nyaman dan aman di situasi pandemi, road trip dengan mobil pribadi membuat kamu lebih fleksibel dalam menentukan tujuan.

Selain itu, kota-kota di Jawa juga sudah tersambung dengan keberadaan Tol Trans-Jawa. Jalan bebas hambatan tersebut membentang sepanjang 1.240,84 kilometer (km) membelah Pulau Jawa.

Baca juga: Panduan Lengkap Rute Road Trip ke Bali Naik Mobil Sendiri

Jika perjalanan dimulai dari Jakarta menuju timur Pulau Jawa, kota pertama yang bisa disambangi adalah Cirebon.

Di Kota Udang ini, kamu dapat mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon dan Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang penuh dengan sejarah. Untuk kuliner, Cirebon memiliki nasi jamblang dan empal gentong yang wajib dicicipi.

Puas dengan Cirebon, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Dieng. Kamu dapat mengambil rute melewati Bawang dari arah Pekalongan. Rute Bawang menuju Dieng memiliki pemandangan yang sangat indah. Saking indahnya, rute ini pernah menjadi viral dan disebut sebagai “Tol Kahyangan” pada medio 2020.

Tol Kahyangan Bawang-Dieng.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Tol Kahyangan Bawang-Dieng.

Jalan berliku-liku dan menanjak akan kamu jumpai di sepanjang road trip. Jadi, pastikan mobil dalam kondisi prima ya.

Di tengah perjalanan atau puncak bukit, kamu bisa beristirahat di Sigemplong Hill Views. Dari tempat ini, kamu bisa melihat panorama perbukitan dan hamparan perkebunan. Sempatkan mengabadikan panorama tersebut ya karena keindahan puncak Bukit Sigemplong tak ada duanya di Indonesia.

Baca juga: Wisata Dieng yang Mudah Dijangkau, Pas Dikunjungi Saat Musim Hujan

Dari Bukit Sigemplong, jalanan akan menurun hingga ke Dieng. Terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, kamu dapat beristirahat dan menginap di kota ini sebelum melanjutkan road trip berikutnya.

Di destinasi itu, kamu dapat mengunjungi Bukit Sikunir, Desa Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jateng. Desa yang terletak di ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) menjadi tempat yang tepat untuk berburu pemandangan matahari terbit.

Setelah itu, masih ada beberapa lokasi wisata di Dieng yang dapat dijadikan destinasi liburan, seperti Gunung Prau, Telaga Warna, Kawah Sikidang, dan Komplek Candi Arjuna.

Candi Borobudur di Magelang.Dok. Indonesia Travel Candi Borobudur di Magelang.

Setelah seharian berada di Wonosobo, kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju Candi Borobudur. Terletak di Kota Magelang, Borobudur dapat ditempuh selama 2 sampai 3 jam saja dari Dieng.

Sebelum ke Borobudur, sempatkan mampir di Dusun Butuh di Temanggung. Desa ini terkenal dengan sebutan Nepal van Java karena susunan rumahnya yang memang mirip pemukiman di Nepal.

Setelah puas, kamu bisa melanjutkan ke Kawasan Candi Borobudur. Selain candi, kamu bisa menelusuri obyek wisata lain, seperti Bukit Rhema dan Museum Kapal Samudraraksa.

Puas mengelilingi candi Budha bersejarah, lanjutkan perjalanan menuju ke Yogyakarta dan Surakarta. Nikmati penganan kuliner khas dua kota tersebut. Khusus di kota kelahiran Presiden Joko Widodo, kamu bisa menjajal penganan Selat Solo dan Sate Kere.

Baca juga: Borobudur Edupark, Menggali Makna Luhur Candi Borobudur melalui Karya Seni

Dari Surakarta, kamu bisa meneruskan road trip ke Jawa Timur. Kota Malang menjadi kota pemberhentian berikutnya. Wisatawan dapat mengunjungi Museum Angkut di Kota Batu.

Kemudian, lanjutkan dengan mengunjungi Gunung Bromo yang lokasinya tak jauh dari Kota Batu. Obyek wisata yang satu ini sudah terkenal di dunia. Tak hanya wisatawan lokal, para turis asing juga tak ingin melewatkan pemandangan cantik di atas puncak Bromo. Selain itu, suku Tengger yang tetap dijaga menjadi daya tarik sendiri dari wisata Bromo.

3. Liburan singkat di akhir pekan

Bagi kamu yang tidak memiliki waktu libur yang panjang, vakansi singkat di akhir pekan bisa jadi solusi. Wisatawan dapat mengunjungi destinasi yang berada di dalam kota atau sekitarnya.

Bila kamu tinggal di Jakarta, kawasan Puncak Bogor bisa menjadi destinasi untuk melepas penat. Menginap satu malam di vila atau hotel dengan cuaca yang sejuk membuat hari dan pikiran menjadi lebih rileks.

Selain Puncak, wisatawan juga bisa mengunjungi Tanjung Lesung di Provinsi Banten. Sebagai informasi, Tanjung Lesung merupakan satu dari 10 DPSP pemerintah.

Baca juga: Pas bagi Pengantin Baru, Berikut 4 Destinasi Romantis untuk Honeymoon #DiIndonesiaAja

Berada di ujung barat Pulau Jawa, Tanjung Lesung memiliki pantai yang cantik. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi Kampung Wisata Cipanon untuk mengetahui upaya menjaga kelestarian lingkungan yang dilakukan masyarakat setempat.

Obyek wisata lain yang wajib dikunjungi saat berada di Tanjung Lesung adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Di lokasi ini, kamu bisa mengunjungi konservasi Badak Jawa yang telah ditetapkan sebagai hewan dilindungi di Indonesia.

Pantai Tanjung Lesung di Banten.Dok. Shutterstock/ Krakato Pantai Tanjung Lesung di Banten.

Bagi kamu yang tidak ingin keluar dari Jakarta, libur akhir pekan bisa dimanfaatkan untuk mengenal sejarah di museum-museum kawasan Kota Tua. Museum Fatahilah, Museum Wayang, Museum Maritim, dan berbagai bangunan cantik bersejarah dapat dikunjungi di lokasi ini.

Selain museum, Jakarta juga punya pantai. Kamu bisa berkunjung ke kawasan Ancol untuk menikmati matahari terbenam di Ancol Beach City sambil menyantap hidangan laut. Selain Ancol, kamu bisa pula mengunjungi Kepulauan Seribu di utara Jakarta. Di sana, kamu bisa melakukan snorkeling dan beach hopping tanpa harus jauh-jauh pergi ke luar Jakarta.

Itulah tiga rekomendasi rencana liburan #DiIndonesiaAja yang bisa dikunjungi selama 2022. Supaya lancar saat berlibur, pastikan menjaga kondisi badan agar selalu sehat. Selain itu, kamu juga harus melakukan vaksinasi lengkap sebelum berlibur.

Baca juga: 4 Destinasi Berikut Bisa Jadi Tempat Spesial Melamar Pasangan, seperti Apa Keindahannya?

Untuk menjaga keamanan wisatawan, berbagai lokasi di Pulau Jawa dan NTB sudah tersertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) dari Kemenparekraf.

Sebagai informasi, CHSE diberikan kepada pelaku industri pariwisata, seperti hotel, restoran, dan wahana rekreasi yang mampu memberikan jaminan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan kepada wisatawan.

Kendati demikian, wisatawan juga tetap harus mematuhi protokol kesehatan (prokes) secara ketat agar lebih aman. Prokes tersebut meliputi mencuci tangan, menggunakan masker rangkap dua, menghindari kerumunan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

Baca juga: Catat di Bucket List, Berikut 4 Desa Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Saat mengunjungi daerah-daerah di Indonesia, ada baiknya wisatawan turut membantu perekonomian warga setempat dengan #BeliKreatifLokal. Berbagai produk ekraf khas daerah setempat dapat digunakan sebagai cenderamata atau oleh-oleh bagi kerabat.

Untuk ide wisata lain, kamu bisa mengikuti akun resmi Instagram Kemenparekraf, yakni @pesona.indonesia. Selain informasi destinasi, Kemenparekraf sedang mengadakan program berhadiah Pesona Punya Kuis (PUKIS) dengan hadiah senilai Rp 350.000 per orang untuk 3 orang pemenang.

Cara mengikutinya, follow akun Instagram @pesona.indonesia dan akun TikTok @pesonaindonesia, jawab pertanyaan yang diberikan melalui akun tersebut, dan tag tiga orang teman. 


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.