Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2022, 20:12 WIB

KOMPAS.com - Tourism Working Group (TWG) G20 secara resmi diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pada Senin (14/2/2022).

Tourism Working Group G20 Presidensi Indonesia kali ini berfokus pada upaya memajukan pemulihan sektor pariwisata global selama pandemi Covid-19, dengan mempromosikan ketahanan pariwisata.

"Dengan menganut semangat 'Recover Together, Recover Stronger', G20 perlu mendukung peran penting sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam memperkuat kepemimpinan global yang kolektif melalui pariwisata dan harus memastikan tidak ada satupun yang ditinggalkan," kata Sandiaga saat Kick-off Tourism Working Group (TWG) G20 Tahun 2022 secara hybrid, Senin. 

Baca juga: Pemerintah Pantau Wisata Bali agar Patuhi Prokes, Persiapan G20 Tahun 2022

Sebagai informasi, berdasarkan data UNWTO, pandemi Covid-19 di tingkat global telah membuat jumlah kedatangan internasional pada 2020 mengalami penurunan sekitar 74 persen.

Sementara itu, dikutip dari Kompas.com, pada Rabu (30/12/2020), pergerakan wisatawan nusantara pada tahun 2020 diprediksi menurun sekitar 29,7 persen dari tahun 2019. 

Akibatnya, mata pencaharian 34 juta masyarakat yang menggantungkan pekerjaan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif juga ikut terganggu.

Tourism Working Group (TWG) G20 secara resmi diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pada Senin, 14 Februari 2022Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tourism Working Group (TWG) G20 secara resmi diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pada Senin, 14 Februari 2022

Sandiaga berharap, negara-negara G20 dapat bersinergi dan menyusun rencana kebangkitan ekonomi yang ditopang sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sebagaimana dilaporkan Kompas.com, Jumat (11/2/2022), negara-negara anggota G20 adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, China, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea Selatan, Meksiko, Perancis, Rusia, Turki, Uni Eropa. 

Pembentukan kelompok kerja Tourism Working Group G20 ini, menurut Sandi, diharapkan dapat menghasilkan satu program konkret berdasarkan best practice dan dapat dikerjasamakan antarnegara anggota G20.

Baca juga: Indonesia Pimpin TWG G20 2022, Akan Fokus 5 Isu Pariwisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+