Kompas.com - 16/02/2022, 22:39 WIB

KOMPAS.com - Kantor Royal Society Thailand (ORST) mengumumkan perubahan nama resmi Ibu Kota negara tersebut dari Bangkok menjadi Krung Thep Maha Nakhon.

Meski demikian, nama Bangkok yang sudah lebih dulu dikenal masih akan tetap diakui ke depannya. 

Kabinet Pemerintahan Thailand pada Selasa (15/2/2022), telah menyetujui rancangan pengumuman dari Kantor Perdana Menteri soal nama-nama negara, wilayah, zona administratif, dan ibu kota yang diperbarui, seperti diusulkan oleh ORST.

Adapun nama Krung Thep Maha Nakhon belum berlaku efektif sampai selesai diperiksa oleh komite yang bertugas memeriksa semua rancangan undang-undang, melansir Bangkok Post, Rabu (16/2/2022).

Baca juga: 6 Tempat Belanja Populer di Bangkok, Ada Pasar Malam dan Pasar Apung

Kabinet juga meminta panel untuk mempertimbangkan observasi tambahan dari Kementerian Luar Negeri.

Dalam pengumuman ORST, Krung Thep Maha Nakhon akan menjadi nama resmi Ibu Kota Kerajaan Thailand.

Namun, nama Bangkok tetap dimasukkan dengan ditempatkan di dalam tanda kurung, sehingga menjadi Krung Thep Maha Nakhon (Thailand). 

Ilustrasi Thailand - Wat Plai Temple di Koh Samui, Thailand (SHUTTERSTOCK/Aleksandar Todorovic).SHUTTERSTOCK/Aleksandar Todorovic Ilustrasi Thailand - Wat Plai Temple di Koh Samui, Thailand (SHUTTERSTOCK/Aleksandar Todorovic).

Dari pengumuman yang sama, ORST juga memperbarui ejaan resmi untuk negara lain.

Hal tersebut termasuk Rome dan Roma untuk Ibu Kota Italia, perubahan nama ibu kota Myanmar dari Yangon menjadi Nay Pyi Taw, dan perubahan nama Kerajaan Nepal menjadi Republik Demokratik Federal Nepal.

Baca juga:

Wakil juru bicara pemerintah Thailand, Ratchda Dhanadirek, pada hari Rabu (16/2/2022), mengatakan bahwa tidak ada yang berubah dari penamaan Ibu Kota Thailand

"Nama Thailand Krung Thep Maha Nakhon hanya akan digunakan sebagai nama resmi. Nama Bangkok masih akan diakui dalam tanda kurung," demikian tertulis dalam laman Facebook miliknya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.