Kompas.com - 17/02/2022, 15:07 WIB

KOMPAS.com - Aktris Pevita Pearce mengunggah foto dirinya melakukan tradisi Melukat. Tradisi ini merupakan ritual pembersihan atau penyucian diri dengan air suci di Bali.

Melalui unggahan foto di akun Instagram resminya, Pevita menyebutkan bahwa ritual ini menjadi prosesi bagi dirinya dalam menghadapi trauma (trauma healing).

"All I can say is... this has been a beautiful journey. Semua sudah pada tempatnya dan seharusnya. I couldn't be more grateful. There's a shift in my mental-emotional-spiritual journey and I'm glad now I can accept it and view the whole situation with so much love & compassion".

"(Yang bisa saya katakan adalah... Ini adalah perjalanan yang indah. Saya sangat bersyukur. Ada pergeseran dalam perjalanan mental-emosional-spiritual saya dan saya senang sekarang saya dapat menerimanya dan melihat seluruh situasi dengan begitu banyak cinta dan kasih sayang)".

Demikian tulisan deskripsi foto dikutip dari akun @pevpearce, Kamis (17/2/2022).

Baca juga: Melukat, Tradisi Umat Hindu di Bali dan Wisata Spiritual

Menanggapi banyaknya komentar warganet yang menganggap aktris berdarah Inggris dan Banjarmasin ini pindah agama, ia langsung menepisnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pevita Pearce (@pevpearce)

"Btw ini prosesi dealing with trauma. No, I'm not converting. Chill," tulis Pevita melalui kolom komentar.

Lalu, seperti apa ritual Melukat atau pembersihan diri di Pulau Dewata ini?

Baca juga: Mengenal Melukat, Ritual Penyucian yang Dijalani Ariel Tatum di Bali

Dilansir dari Kompas.com, berikut beberapa fakta mengenai ritual Melukat yang disampaikan oleh Guru Besar Ilmu Pariwisata Universitas Udayana Profesor I Gde Pitana.

1. Arti dan makna Melukat

Makna Melukat adalah pembersihan jiwa menggunakan air suci yang dipercaya dapat memperoleh kebaikan dan menjauhkan dari hal-hal negatif.

Di antaranya mimpi buruk, penyakit, rasa resah, dan trauma. 

Baca juga: Cara dan Aturan Saat Melukat, Dilarang Bicara Sembarangan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.