Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DAMRI Layani Trayek KSPN Bangka-Belitung, Bisa Wisata di Pangkalpinang

Kompas.com - 18/02/2022, 17:05 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Wisatawan yang berada di Bangka-Belitung, kini bisa menjelajahi beberapa kawasan wisata dengan naik micro bus DAMRI.

Hal ini karena DAMRI melayani trayek di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bangka-Belitung. Rute yang tersedia adalah Pangkalpinang - Tanjung Berikat dan Tanjung Pandan - Membalong.

Baca juga:

Adapun pihak DAMRI menggunakan empat unit armada jenis micro bus tipe HiAce untuk rute tersebut. 

Dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (18/2/2022), berikut detail mengenai rute di Pulau Bangka dengan tarif mulai dari Rp 25.000:

  • Rute Pangkalpinang - Tanjung Berikat, jadwal keberangkatan setiap hari dari Pool DAMRI Pangkalpinang pukul 10.00 WIB dan 14.00 WIB.
  • Rute Tanjung Berikat - Pangkalpinang, jadwal keberangkatan setiap hari dari Tanjung Berikat pukul 06.30 WIB dan 13.30 WIB.

Panorama laut biru kecoklatan dilihat dari tepi Pantai Tanjung Pendam yang terletak di Kelurahan Kampung Parit, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (7/3/2016).KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Panorama laut biru kecoklatan dilihat dari tepi Pantai Tanjung Pendam yang terletak di Kelurahan Kampung Parit, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (7/3/2016).

Sementara itu, rute di Pulau Belitung dilayani dengan tarif mulai dari Rp 20.000. Jadwal selengkapnya, yaitu:

  • Rute Tanjung Pandan - Membalong, dengan jadwal keberangkatan setiap hari dari Kantor Pemasaran DAMRI Belitung pukul 05.30 WIB dan 11.00 WIB.
  • Rute Membalong - Tanjung Pandan, dengan jadwal keberangkatan setiap hari dari Teluk Gembira pukul 08.00 WIB dan 13.00 WIB. 

Pemesanan dapat dilakukan dengan menghubungi call center DAMRI cabang Pangkalpinang di  nomor 0882 6705 8190 atau 0832 7982 5883.

Plt Corporate Secretary DAMRI, Siti Inda Suri, berharap ada sekitar 12.000 penumpang tahun tahun ini yang menikmati layanan tersebut.

"Hadirnya rute tersebut dapat memperkuat konektivitas antarwilayah Bangka-Belitung, sehingga dapat meningkatkan kemajuan sektor pariwisata, dan turut menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang ke Bangka-Belitung," ujarnya. 

Baca juga:

Sebelumnya dilaporkan oleh Kompas.com, Minggu (17/10/2021), Pangkalpinang memiliki beragam tempat wisata, di antaranya Pantai Tanjung Pesona, Pantai Tikus Emas, dan Alun-alun Taman Merdeka. 

Jika wisatawan berada di Tanjung Pandan, mereka bisa mengunjungi Danau Kaolin di Desa Air Raya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com