Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Staycation di Vila dan Apartemen Makin Diminati Selama Pandemi

Kompas.com - 18/02/2022, 19:07 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Staycation menjadi salah satu kegiatan alternatif untuk liburan selama pandemi Covid-19. Wisatawan bisa memilih tempat menginap yang lebih private dan jauh dari keramaian.

Online travel agent (OTA) tiket.com menunjukkan bahwa tren staycation semakin diminati, khususnya untuk vila dan apartemen.

Hal tersebut salah satunya terlihat dari banyaknya pemesanan vila dan apartemen di fitur Tiket Homes

Baca juga:

Sebagai informasi, fitur yang diluncurkan pada Agustus 2021 tersebut menyediakan pilihan akomodasi lain selain hotel. Saat ini sudah ada 23.000 properti yang tersedia dan tersebar beberapa daerah dan destinasi wisata. 

Di antaranya Banten (Anyer), Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Bogor (Puncak), Malang, Kota Batu, Bali, dan Kepulauan Nusa Tenggara. 

Tidak hanya itu, melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (18/2/2022), kanal fitur tersebut juga dikunjungi rata-rata 300.000 pengguna setiap bulannya.

Ilustrasi vila yang ditawarkan oleh fitur Tiket Homes.Dok. tiket.com Ilustrasi vila yang ditawarkan oleh fitur Tiket Homes.

Naiknya tren staycation pada 2021 juga terlihat dari lini bisnis akomodasi di tiket.com yang bertumbuh 61 persen, didukung oleh pemesanan hotel sebesar 55 persen, serta vila dan apartemen sebesar 230 persen.

Pengguna yang ingin mendaftarkan propertinya bisa mengunduh aplikasi OTA tersebut, lalu mengisi formulir pendaftaran. Jika persyaratan sudah terpenuhi, maka mereka bisa menerima booking dan transaksi. 

Baca juga:

"Kami ingin mengajak para pemilik properti di Indonesia untuk bersama-sama menyambut kembalinya antusiasme masyarakat untuk berwisata. Pandemi ini melahirkan sebuah tren revenge tourism yang nyata, termasuk sebuah gaya hidup baru untuk bisa work from anywhere. Tentunya kita dapat melihat hal ini sebagai lonjakan potensi yang besar terhadap kebutuhan akomodasi yang menyenangkan, aman, dan nyaman," kata VP of Accommodation, tiket.com, Cisyelya Bunyamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com