Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Wisata Pantai di Malang, Ada yang Mirip Bali dan Raja Ampat

Kompas.com - Diperbarui 05/01/2023, 09:41 WIB
Ulfa Arieza ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Malang, Jawa Timur memiliki wisata alam pantai yang tidak kalah indah dengan wilayah pesisir lainnya. Bahkan, beberapa pantai di Malang disebut mirip Bali hingga Raja Ampat.

Sebagian besar pantai di Malang berada di bagian selatan yang berbatasan dengan Samudera Hindia. Apabila ditarik garis lurus, maka gugusan pantai di Malang sejajar dengan deretan pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca juga: 32 Tempat Wisata Malang Raya, Banyak Tempat Bernuansa Alam

Maka, tak heran jika pantai-pantai di Malang memiliki pemandangan nan cantik. Berikut 13 pantai di Malang yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata kamu saat liburan.

Obyek wisata pantai di Malang

1. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai terkenal di Malang. Pantai ini memiliki Pura Amertha Jati yang berada di pulau karang, sehingga kerap disebut mirip Tanah Lot di Bali.

Ilustrasi pantai - Pantai Balekambang di Malang Selatan. Salah satu pantai di Malang yang bisa dikunjungi untuk berlibur.SHUTTERSTOCK Ilustrasi pantai - Pantai Balekambang di Malang Selatan. Salah satu pantai di Malang yang bisa dikunjungi untuk berlibur.

Pulau karang tersebut bernama Pulau Ismoyo. Untuk menuju ke pulau tersebut, pengunjung harus menyeberangi jembatan sepanjang 70 meter.

Pantai Balekambang berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Tepatnya sekitar 58 kilometer (km), dengan jarak tempuh satu jam 48 menit dari Kota Malang menggunakan mobil.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Malang Dekat Stasiun, Bisa Jalan Kaki

2. Pantai Ngantep

Sekitar 6,6 km dari Pantai Balekambang, atau 16 menit perjalanan, wisatawan akan menemukan Pantai Ngantep. Pantai ini masih alami dengan ombak yang cukup besar sehingga wisatawan tidak disarankan berenang di sekitar pantai.

Baca juga: 7 Wisata Pantai di Malang Selatan, Ada Pantai Balekambang

Pantai Ngantep memiliki tebing karang setinggi 50 meter yang ditumbuhi pepohonan. Pengunjung bisa melihat pemandangan pantai dari atas tebing, namun harus mendaki medan yang cukup terjal terlebih dulu.

3. Pantai Batu Bengkung

Melanjutkan perjalanan dari Pantai Ngantep ke arah timur, wisatawan dapat menemukan Pantai Bengkung. Geografis Pantai Batu Bengkung serupa dengan Pantai Ngantep, yakni memiliki batu karang besar di sekitar pantai.

Ilustrasi pantai - Pantai Batu Bengkung di Malang Selatan. Salah satu pantai di Malang yang bisa dikunjungi untuk berlibur.SHUTTERSTOCK Ilustrasi pantai - Pantai Batu Bengkung di Malang Selatan. Salah satu pantai di Malang yang bisa dikunjungi untuk berlibur.

Ombak di Pantai Batu Bengkung ini cenderung besar, sehingga wisatawan tidak disarankan berenang. Sebagai gantinya, kamu bisa berenang di cekungan sedalam 1,5 meter yang terletak di tepi pantai.

Baca juga: 8 Wisata Malam di Malang dan Batu yang Populer dan Instagramable

Air dalam cekungan tersebut berasal dari empasan ombak lepas saat pasang. Namun ketika surut, maka air dalam cekungan tersebut juga hilang sehingga pengunjung tidak bisa berenang. Lokasi Pantai Batu Bengkung di Desa Gajahrejo, Gedangan, Kabupaten Malang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com