Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2022, 20:08 WIB

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Pohon Bisbul (Diospyros blancoi) setinggi 15 meter tumbuh dengan suburnya. Daunnya tebal berwarna hijau pekat. Pohon ini memiliki buah mirip apel, tetapi kulitnya dilapisi bulu-bulu halus.

Konon buah bisbul yang kaya kalium kerap dikonsumsi untuk melancarkan peredaran darah, sehingga dianggap juga sebagai obat bagi para penderita sakit jantung.

Terlepas dari itu semua, pohon bisbul bisa tumbuh dengan rindang yang membuat suasana di sekitarnya menjadi teduh. Orang-orang yang melintas di bawahnya pun bisa terlindung dari panas matahari.

Baca juga: DAMRI Layani Trayek KSPN Bangka-Belitung, Bisa Wisata di Pangkalpinang

Pohon bisbul ini salah satunya bisa ditemukan di taman hijau (green garden) Bukit Baru, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Di taman ini, pohon bisbul memang bukan pohon satu-satunya. Ada belasan jenis pohon lainnya, seperti pohon Jamblang (Syzygium cumini L), Buni (Antidesma bunius), dan Asam Jawa (Tamarindus indica).

Pohon tersebut rata-rata sudah berukuran besar dan tumbuh di sepanjang lintasan jogging track, sehingga menghadirkan kerimbunan hijau layaknya hutan di tengah kota.

Baca juga: Jangan Salah Pesan Tiket, Pangkalpinang Beda dari Tanjung Pinang

Tidak hanya tanaman, fasilitas publik yang bisa dimasuki secara gratis itu juga memiliki ratusan burung merpati dan ayam kampung. Tak jarang, burung dara ikut beterbangan mengepakkan sayapnya saat pengunjung menjajal lintasan.

Sementara itu, kokok ayam jantan terdengar bersahutan. Keanekaragaman hayati dan fauna itu selain menyegarkan suasana, juga bisa menjadi wahana penelitian dan obyek fotografi.

Pepohonan yang tumbuh subur di lokasi jogging track Bukit Baru Pangkalpinang, Sabtu (19/2/2022).KOMPAS.com/HERU DAHNUR Pepohonan yang tumbuh subur di lokasi jogging track Bukit Baru Pangkalpinang, Sabtu (19/2/2022).

Sejak tatanan hidup baru atau new normal dicanangkan pemerintah, taman hijau Bukit Baru kembali dibuka untuk umum. Warga pun mendatangi Taman Bukit Baru untuk berolahraga atau sekadar bersantai bersama keluarga.

"Kami sering ke sini, terutama sore atau liburan akhir pekan," kata pengunjung bernama Romi kepada Kompas.com, Sabtu (19/2/2022). Ia datang bersama istri dan dua anaknya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+