Kompas.com - 19/02/2022, 20:31 WIB

KOMPAS.com - Kondisi geografis Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang berada di dataran tinggi serta dikeliling gunung membuat kota ini memiliki sejumlah wisata alam. Salah satunya adalah air terjun.

Air terjun yang cukup terkenal di Kabupaten Bogor adalah Curug Pangeran. Lokasinya berada di Kawasan Wisata Gunung Bunder bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Selain Curug Pangeran, di lokasi ini juga terdapat banyak air terjun lainnya, seperti Curug Ngumpet, Curug Cigamea, Curug Kondang, dan Curug Seribu.

Baca juga: Tiket Masuk Kebun Raya Bogor dan Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Mengutip Kompas.com, Jumat (29/12/2017), air terjun ini tidak terlalu tinggi, yakni sekitar enam hingga tujuh meter, sehingga alirannya tidak terlalu deras. Di bawah, air terjun terbentuk kolam alami dengan kedalaman kurang lebih dua hingga tiga meter.

Namun, pengunjung harus berhati-hati apabila mendekati pusaran yang tepat berada di bawah aliran air terjun karena kedalamannya bisa mencapai enam hingga tujuh meter.

Jadi, wisatawan masih dapat menikmati Curug Pangeran dengan berenang di sekitar kolam dengan menghindari pusaran di bawah aliran air terjun.

Air Curug Pangeran sangat jernih berwarna hijau tosca. Pemandangan di sekitar air terjun juga masih asri, ada pohon pakis, bebatuan alami, dan tanaman lainnya.

Baca juga: 7 Restoran di Bogor, Pas untuk Dinner Romantis Bersama Pasangan

Selain berenang, curug ini juga cocok menjadi spot foto Instagramable. Jadi setelah lelah berenang, kamu bisa berfoto bersama teman maupun keluarga di tepi kolam air terjun.

Mitos Curug Pangeran Bogor

Tak sekadar wisata alam, Curug Pangeran memiliki legenda yang dipercaya masyarakat sekitar. Mengutip dari berbagai sumber, Curug Pangeran merupakan bekas petilasan Prabu Kiansantang dari Kerajaan Padjajaran.

Gunung Bunder di Taman Nasional Gunung Halimun Salak menawarkan ragam wisata alam dan air terjun.KOMPAS.com/Alek Kurniawan Gunung Bunder di Taman Nasional Gunung Halimun Salak menawarkan ragam wisata alam dan air terjun.

Oleh sebab itu, namanya menjadi Curug Pangeran. Sumber lainnya menyebut, kerap terdengar suara gamelan dari area curug pada malam Jumat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.