Kompas.com - 20/02/2022, 13:41 WIB

KOMPAS.com - Perbatasan internasional Australia akan dibuka besok, Senin (21/2/2022) bagi wisatawan asing yang sudah divaksinasi lengkap. Hal ini dilakukan setelah hampir dua tahun terjadinya pandemi Covid-19.

Pembukaan ini juga sekaligus mengakhiri aturan pembatasan perjalanan saat pandemi yang dinilai terlama dan paling ketat di dunia, yakni sejak Maret 2020.

Perdana Menteri Scott Morrison mengumumkan, Australia akan menyambut para turis, pelaku bisnis, pelajar, serta pengunjung internasional lainnya yang memegang visa dan telah divaksin penuh.

"Perubahan ini akan memastikan kami melindungi kesehatan warga Australia, sementara kami terus mengamankan pemulihan ekonomi kami," ujar Morrison, melansir laman resmi Pemerintah Australia, Minggu (20/2/2022).

Baca juga: Lucu, Observatorium Laut di Australia Ini Mirip Ikan Paus Raksasa

Ia menjelaskan, sistem kesehatan Australia telah menunjukkan ketahanannya selama pandemi Covid-19, termasuk saat gelombang Omicron baru-baru ini.

Dengan membaiknya kondisi kesehatan, termasuk penurunan 23 persen angka rawat inap karena Covid-19 belakangan ini, Komite Keamanan Nasional Kabinet telah setuju bahwa Australia dapat kembali membuka perbatasan internasional secara bertahap.

"Syaratnya adalah Anda harus sudah divaksinasi dua kali untuk dapat mengunjungi Australia," ujarnya.

Mengutip laman VisaEnvoy, pembukaan pembatasan berlaku bagi mereka yang telah divaksin dua kali dengan vaksin yang diakui oleh Therapeutic Goods Administration (TGA).

Beberapa rincian vaksin dua kali dosis yang diterima adalah AstraZeneca, Pfizer, Moderna, dan Sinovac. Serta diizinkan satu dosis vaksin untuk Johnson & Johnson/Janssen.

Baca juga: 4 Pilihan Wisata Saat Traveling ke Blue Mountains Australia

Sementara bagi pengunjung yang belum divaksinasi, akan diwajibkan mengajukan pengecualian perjalanan untuk dapat memasuki Australia, serta harus mengikuti persyaratan karantina di beberapa negara bagian dan wilayah.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.