Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Hemat Saat Traveling Bareng Grup, Anti-boros

Kompas.com - 21/02/2022, 15:24 WIB
Ulfa Arieza ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

Sumber The Travel

KOMPAS.com - Traveling ramai-ramai bersama teman ataupun keluarga merupakan pengalaman yang menyenangkan. Namun, ada yang perlu diperhatikan sebelum melakukan traveling bersama grup, salah satunya adalah anggaran alias bujet.

Sebab, beberapa pembayaran dilakukan secara grup sehingga nominalnya tentu lebih besar. Oleh sebab itu, perencanaan budget sangat penting sebelum traveling bersama grup.

Tujuannya agar pembayaran selama traveling menjadi adil dan merata bagi semua anggota, sehingga tidak memberatkan beberapa anggota kelompok saja. Selain itu, perencanaan budget bisa menghemat biaya saat traveling bersama grup.

Berikut adalah 10 tips menghemat biaya saat traveling bersama grup, seperti dilansir The Travel:

Baca juga: 8 Cara Membuat Itinerary, Bisa buat Kamu yang Solo Traveling

1. Kurangi belanja

Mengurangi belanja barang maupun makanan merupakan jurus jitu menghemat biaya saat traveling bersama grup. Tak bisa dimungkiri, setiap tempat wisata menawarkan beragam suvenir, makanan, dan minuman enak yang menggoda pelancong.

Tips hemat saat traveling bersama grup adalah setiap anggota bisa membeli sesuatu yang berbeda satu sama lain. Jika memungkinkan, barang tersebut bisa dibagi dengan anggota lainnya, misalnya makanan atau minuman.

Tentunya, sistem pembagian tersebut tidak berlaku untuk hal-hal yang bersifat pribadi.

2. Membuat anggaran grup

Membuat anggaran sebagai salah satu tips traveling hemat bersama grup.PEXELS/LUKAS Membuat anggaran sebagai salah satu tips traveling hemat bersama grup.

Membuat anggaran adalah cara lain hemat biaya saat traveling bersama grup. Anggaran kelompok harus menentukan dengan jelas apa yang akan dibelanjakan oleh anggota grup serta kapan waktunya.

Dengan begitu, anggota kelompok dapat berpatokan pada anggaran tersebut. Dalam menyusun anggaran kelompok, setiap anggota dapat berbagi ide dan trik belanja hemat.

Tentunya, anggaran grup tersebut harus mengakomodasi semua orang dalam kelompok.

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Dunia yang Cocok untuk Solo Traveling, Ada Bali

3. Berbagai kamar

Keuntungan bepergian bersama grup adalah dapat berbagi kamar dengan anggota lainnya. Trik ini akan menghemat biaya penginapan, bahkan hingga 50 persen dibandingkan menyewa kamar sendirian.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua hotel maupun penginapan memperbolehkan berbagai kamar bagi tamu. Oleh sebab itu, pastikan kamu dan temanmu telah memeriksa aturan berbagi kamar tersebut sebelum memesan tiket kamar.

Halaman:
Sumber The Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com