Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa Wilayah Australia Mulai Longgarkan Protokol Kesehatan dan Masker

Kompas.com - 21/02/2022, 21:09 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah negara bagian di Australia telah melonggarkan aturan protokol kesehatan, menyusul pembukaan perbatasan negara tersebut untuk kedatangan internasional, pada Senin (21/2/2022). 

Pelonggaran protokol kesehatan (prokes) ini terjadi berkat tingkat vaksinasi dosis kedua yang cukup tinggi di sebagian besar wilayah Australia.

Wilayah yang menjalankan aturan pelonggaran prokes, di antaranya Sydney di New South Wales (NSW) dan Melbourne di Victoria.  

Baca juga: Wisata ke Australia Buka Lagi, Ini Syarat Bagi Turis Asing

Hal ini disampaikan oleh mahasiswi pascasarjana asal Indonesia yang kuliah di Monash University, Victoria, bernama Arrienda Rizky. 

Arrienda, yang akrab disapa Rinda, menjelaskan bahwa masyarakat di NSW dan Victoria diperbolehkan melepas masker di tempat-tempat tertentu, seperti di ruangan terbuka, mulai Jumat (18/2/2022) lalu.

"Per hari Jumat kemarin, Pemerintah Victoria melonggarkan dan tidak mewajibkan memakai masker di ruang terbuka. Saya habis jalan-jalan dari tengah kota Melbourne, (orang-orang) pada tidak pakai masker," ujar Rinda kepada Kompas.com, Minggu (20/2/2022). 

Saat ia menonton konser Melbourne Symphony Orchestra mulai siang hingga malam hari di lapangan terbuka, lanjutnya, banyak penonton yang tidak memakai masker.

Melbourne Symphony Orchestra di Melbourne, Australia yang sudah dibuka (19/2/2022)Dok. pribadi Arrienda Rizky Melbourne Symphony Orchestra di Melbourne, Australia yang sudah dibuka (19/2/2022)

Rencana lepas masker Pemerintah NSW dan Victoria

Dilansir dari The Guardian, NSW dan Victoria melonggarkan aturan prokes mereka sejak Jumat.

Di NSW, penginapan dan tempat hiburan boleh dibuka tanpa syarat kuota, serta check-in menggunakan kode QR hanya diperlukan di klub malam, festival musik dengan kapasitas lebih dari 1.000 orang, rumah sakit, dan fasilitas untuk penyandang disabilitas.

Sementara itu, penduduk di Victoria dibebaskan untuk check-in menggunakan kode QR di toko, supermarket, sekolah, pusat pendidikan, dan tempat kerja.

Baca juga: Lucu, Observatorium Laut di Australia Ini Mirip Ikan Paus Raksasa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com