Kompas.com - 22/02/2022, 12:29 WIB

KOMPAS.com - Layanan aplikasi terbaru dari Ditjen Imigrasi, Mobile Paspor (M-Paspor), menawarkan sejumlah fitur terbaru yang tidak tersedia pada pendahulunya, Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO).

Adapun fasilitas terbaru itu termasuk fitur mengubah jadwal (reschedule) wawancara dan pengambilan biometrik di M-Paspor.

“Setelah melakukan pembayaran atas kode billing M-Paspor, pemohon dapat menemukan pilihan reschedule atau ganti jadwal wawancara, foto dan perekaman biometrik di kantor imigrasi," kata Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Achmad Nur Saleh, mengutip laman resmi Imigrasi, Senin (21/2/2022).

Sementara untuk jadwal reschedule melalui aplikasi, dapat dilakukan maksimal satu hari sebelum jadwal yang ditentukan.

Achmad juga menyebut bahwa selain melalui M-Paspor, reschedule wawancara paspor di kantor imigrasi juga bisa dilakukan meski telah melewati waktu yang ditentukan.

Baca juga:

Kendati demikian, ini hanya berlaku untuk kondisi tertentu, seperti terjadi masalah kesisteman, pemohon positif Covid-19, atau mengalami keadaan kahar (force majeur).

Beberapa kendala kesisteman yang Saleh maksud antara lain kesalahan petugas, server offline pada saat kedatangan, data pemohon paspor tidak dapat muncul pada Aplikasi Sistem Penerbitan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI), danpermasalahan teknis lain.

Ilustrasi paspor Indonesia. SHUTTERSTOCK/TEMITIMAN Ilustrasi paspor Indonesia.

Agar reschedule wawancara paspor khusus dapat diproses, pemohon perlu menginformasikan data diri, nomor permohonan pada aplikasi M-Paspor, dan tanggal reschedule kedatangan pemohon di kantor imigrasi.

“Bagi pemohon yang ternyata terkonfirmasi positif Covid-19, silakan lampirkan Surat Keterangan Positif Covid-19 beserta Surat Keterangan Sembuh dari Covid-19 yang diterbitkan rumah sakit/klinik/instansi berwenang," tutur Achmad.

Baca juga: Ini Paspor Paling Langka di Dunia yang Tak Bisa Dibeli dengan Uang

Ia melanjutkan bahwa apabila terjadi force majeur, lampirkan surat keterangan dari instansi terkait yang menyatakan pemohon mengalami keadaan tersebut.

Apabila mengalami kendala saat membuat permohonan paspor melalui M-Paspor, informasi lebih lanjut dapat menghubungi Live Chat di www.imigrasi.go.id pada hari dan jam kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.