Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Desa Tetebatu di NTB, Keindahannya Diakui Dunia

Kompas.com - 22/02/2022, 12:41 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Desa Wisata Tetebatu di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang International Best Tourism Village, yang digelar oleh Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO).

Desa ini berjarak sekitar 44,2 kilometer (km) dari Kota Mataram atau sekitar dua jam perjalanan jika menggunakan mobil.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno belum lama ini mengunjungi desa tersebut untuk melakukan sosialisasi.

Hal itu dilakukan sekaligus untuk mensukseskan Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

"Ini salah satu desa wisata terbaik, dan kita bisa lihat kalau desa ini memang sudah bangkit dalam segala bidang baik ekonomi maupun yang lainnya,” kata Sandiaga, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan resmi yang diterima Senin (21/02/2022).

Baca juga:

Desa Tete Batu adalah desa wisata yang lebih fokus pada sejarah.

Menurut Sandiaga, di desa tersebut ada sebuah pohon tua yang menjadi inspirasi dari penghargaan Kalpataru yang dicetuskan oleh mantan Menteri Negara Urusan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Emil Salim dan sudah diberikan sejak 1981.

Tempat itu merupakan cikal-bakal wisata pertama di Tetebatu untuk dibangun penginapan pertama.

"Jadi, homestay di tetebatu sudah berkembang sejak lama. Ini bisa menjadi salah satu wisata sejarah sekaligus wisata sejarah Kesehatan."

“Di desa ini memang banyak sejarah yang ditunjukan bagi masyarakat yang berkunjung,” tuturnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, saat mengunjungi Desa Wisata Tetebatu di Nusa Tenggara Barat (NTB).DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, saat mengunjungi Desa Wisata Tetebatu di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sandi mengungkapkan, target peserta ADWI 2022 adalah 3.000 peserta yang terdiri dari desa wisata di seluruh Indonesia.

Target tersebut meningkat dari tahun sebelumnya karena daei pengalaman tahun sebelumnya, kata Sandiaga, kebangkitan ekonomi desa wisata banyak yang disebabkan oleh desa wisata.

Menurutnya, melalui ajang tersebut pihaknya ingin mencari desa-desa wisata baru di Indonesia yang dinilai menyimpan banyak potensi.

Ia berharap desa-desa wisata lainnya bisa ikut ajang ini dan menggali segala potensi yang ada untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lokal setempat dan lebih dikenal luas, bahkan hingga ke mancanegara, seperti Desa Tetebatu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com