Kompas.com - 23/02/2022, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Nama teh trasan mungkin terdengar asing bagi sebagian masyarakat. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi warga Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Teh trasan, merupakan teh khas Ngablak yang dekat dengan keseharian masyarakatnya. Bahkan, teh trasan hanya tumbuh di wilayah Ngablak yang berada di lereng Gunung Merbabu.

Jika kamu ingin menikmati cita rasa teh trasan, maka dapat mengunjungi Omah Kembang yang berlokasi di Desa Krangean, Kecamatan Ngablak, Magelang. 

Baca juga: 25 Tempat Wisata Keren di Magelang, Pas untuk Liburan

Koordinator Omah Kembang, Agus mengatakan, teh trasan merupakan teh hijau yang memiliki cita rasa khas. Guna melestarikan keberadaannya, Omah Kembang mengembangkan kebun teh trasan yang dapat disajikan bagi para tamu.

“Teh trasan adalah menu khas tempat kami, tidak ada di tempat lain karena hanya tumbuh di daerah Ngablak. Kami membuatnya langsung, fresh, jadi kami menanam pohon teh trasan sendiri,” ujarnya saat dihubuungi Kompas.com, Selasa (22/02/2022).

Teh Trasan Omah Kembang, Magelang salah satu vila dengan pemandangan Gunung MerbabuDok. Instagram @kembang_omah Teh Trasan Omah Kembang, Magelang salah satu vila dengan pemandangan Gunung Merbabu

Cara minumnya pun sangat unik. Jika teh pada umumnya melalui proses pengeringan baru diseduh, maka teh trasan diproses secara langsung.

Pucuk daun teh dipetik, lalu dalam kondisi segar langsung diseduh dengan air. Lalu, seduhan teh dituang ke dalam cangkir.

Jika biasanya teh dinikmati dengan gula pasir, maka teh trasan lebih nikmat bila diminum dengan gula jawa.

Caranya, gula jawa dikunyah namun jangan ditelan dulu. Saat gula jawa di mulut, selanjutnya seduhan teh dalam cangkir kita minum. Satu porsi teh harganya Rp 25.000 yang dapat dinikmati oleh dua orang.

“Kami langsung buat dan kami sajikan fresh, teh hijau sendiri bagus untuk kesehatan,” katanya.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Sekitar Puncak Argapura Ketep Pass Magelang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.