Malaysia Masuk Level 4 CDC, Jadi Negara dengan Risiko Tertinggi Covid-19

Kompas.com - 23/02/2022, 19:10 WIB

KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menambah Malaysia ke daftar Level 4 atau berisiko sangat tinggi Covid-19 (Covid-19 very high). 

Padahal saat ini Malaysia dikabarkan tengah bersiap membuka kembali perbatasan untuk wisatawan asing.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Jumat (11/2/2022), Pemerintah Malaysia bahkan telah siap menerima kembali wisatawan asing dari semua negara tanpa karantina, mulai awal Maret 2022.

Baca juga:

Untuk diketahui, berdasarkan laman resmi CDC, penduduk Amerika Serikat (AS) dianjurkan untuk tidak mengunjungi negara-negara Level 4.

Mereka diwajibkan sudah memperoleh vaksinasi Covid-19 penuh jika harus melakukan perjalanan ke negara-negara tersebut. 

Selain Malaysia, tiga negara lainnya yang juga masuk daftar Level 4 per Selasa (2/22/2022), yaitu:

  • Bhutan
  • Brunei
  • Iran

Ilustrasi Bukit Bintang di Kuala Lumpur, Malaysia. UNSPLASH/Kah Hay Chee Ilustrasi Bukit Bintang di Kuala Lumpur, Malaysia.

Melansir CNN, Rabu (23/2/2022), pada pekan lalu, keempat negara yang disebutkan sebelumnya masih berada di Level 3 CDC atau berisiko tinggi Covid-19 (Covid-19 high). 

Sebagai informasi, Level 4 disematkan atas pertimbangan dalam suatu negara terdapat lebih dari 500 kasus per 100.000 penduduk terdaftar selama 28 hari terakhir.

Jumlah negara yang masuk Level 4, atau kategori tertinggi di CDC, dilaporkan telah mencakup lebih dari 140 negara. Hal tersebut menggambarkan cepatnya penyebaran varian baru Omicron di seluruh dunia tahun ini. 

Baca juga:

Bahkan, Meksiko yang selama ini menjadi salah satu negara yang paling mudah untuk dikunjungi selama pandemi, sekarang berada di Level 4.

Begitu pula dengan Korea Selatan. Negara tersebut telah berada di daftar Level 4 sejak 14 Februari 2022 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.