Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Naik Gerobak Sapi dan Nikmati Alam Pedesaan Bantul Yogyakarta

Kompas.com - 24/02/2022, 20:07 WIB
Markus Yuwono,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Berwisata dengan cara unik kini ada di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Wisatawan bisa menikmati sejuknya alam pedesaan dengan naik gerobak sapi.

Kegiatan wisata ini diinisiasi oleh Paguyuban Gerobak Sapi Se-Kabupaten yang dikenal dengan semboyan Projo Tamansari.

Pengelola wisata gerobak sapi Bantul, Tri Iswanto, mengatakan bahwa awalnya dirinya bersama bajingan, sebutan untuk pengemudi gerobak sapi, melakukan pertemuan rutin setiap 35 hari pada Minggu Pon menurut penangggalan Jawa.

Pertemuan untuk melestarikan gerobak sapi itu diadakan di Lapangan Padukuhan Jodog, Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak. 

"Saat pertemuan ternyata banyak pengunjung yang datang dan ingin naik, mulai Januari 2022. Karena itu kami buat pengelola wisata dan ternyata antusiasme dari masyarakat cukup tinggi," kata Tri kepada wartawan di Padukuhan Jodog, Rabu (23/2/2022).

Baca juga:

Berkat antusiasme yang tinggi, mereka membuat pengelolaan wisata dan membuka jasa keliling pedesaan dengan tarif cukup terjangkau. 

Harga naik gerobak sapi saat Minggu Pon mulai dari Rp 70.000 per gerobak. Setiap gerobak bisa ditumpangi lima hingga tujuh orang. 

"Sementara, wisata gerobak sapi baru kita adakan yang reguler tiap Minggu Pon. Jumlah gerobak biasanya 30 sampai 40 se-Bantul, tapi yang jelas 20 gerobak ada setiap Minggu Pon," ujarnya. 

Adapun rutenya mulai dari Lapangan Jodog, lalu keliling seputaran Padukuhan dengan estimasi perjalanan sekitar 25 menit.

Penumpang gerobak bisa sambil bernostalgia karena gerobak sapi merupakan alat transportasi untuk mengangkut manusia dan barang pada masa lalu.

"Kenapa rutenya di pedesaan? Karena saat Minggu Pon lalu lintas padat sehingga kita cari rute yang aman," kata Tri. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com