Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Hentikan Pelayaran ke Rusia dan Ukraina Akibat Perang

Kompas.com - 26/02/2022, 18:07 WIB
Ulfa Arieza ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah operator kapal pesiar menghentikan sementara pelayaran ke Rusia dan Ukraina. Keputusan ini menyusul operasi militer Rusia ke Ukraina yang dimulai pada Kamis (24/2/2022) kemarin.

Dikutip dari Travel and Leisure, Sabtu (26/2/2022), sejumlah kapal pesiar yang menghapus St. Petersburg, Rusia, dari daftar pemberhentian, antara lain Norwegian Cruise Line, Regent Seven Seas Cruises, dan Oceania Cruises. Semua kapal pesiar tersebut merupakan bagian dari perusahaan induk Norwegian Cruise Line Holdings.

Pihak operator mengirimkan memo kepada semua penumpang yang dijadwalkan naik dari St. Petersburg, Rusia.

"Karena situasi yang memanas antara Rusia dan Ukraina, kami memutuskan untuk mengubah arah perjalanan Anda mendatang dengan menghapus St. Petersburg, Rusia, dari rencana perjalanan," tulis memo perusahaan pelayaran itu kepada para tamu.

Baca juga:

Ilustrasi St. Petersburg, Rusia.Dok. Pixabay/Tama66 Ilustrasi St. Petersburg, Rusia.

Serupa, Regent Seven Seas juga akan menghapus Kepulauan Solovetsky, Arkhangelsk, Murmansk, dan Odessa, Ukraina, dari rencana perjalanannya, seperti dilaporkan oleh USA Today yang dikutip oleh Travel and Leisure.

Perwakilan untuk Norwegian Cruise Line dan Oceania Cruises mengatakan bahwa perusahaan tengah mencari pelabuhan pengganti untuk St. Petersburg.

"Keselamatan dan keamanan tamu, kru, dan komunitas yang kami kunjungi adalah prioritas utama kami," kata juru bicara Norwegian Cruise Line.

Secara total, sekitar 50 kapal pesiar yang berada di bawah bendera Norwegian Cruise Line Holdings berlabuh di St. Petersburg selama musim panas. Pemberhentian tersebut merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi tamu kapal pesiar.

“Keputusan ini mengecewakan karena St. Petersburg adalah salah satu destinasi yang berharga dalam perjalanan di Skandinavia. Tapi, tentu saja ada alternatif lain,” kata CEO Norwegian Cruise Line Holdings, Frank Del Rio.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com