Kasus Covid-19 Melonjak di DIY, Wisatawan Diimbau Tidak Copot Masker

Kompas.com - 27/02/2022, 15:03 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kasus Covid-19 masih tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bahkan dalam beberapa hari, kasus Covid-19 di DIY mencapai 2.000-an kasus baru.

Karena DIY merupakan destinasi wisata, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta wisatawan tidak mencopot masker.

Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, BNPB Jarwansah mengatakan, saat ini tidak hanya di sektor wisata saja yang sulit dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Rute ke Pantai Watu Kodok Gunungkidul, Cuma 2 Jam dari Yogyakarta

Beberapa lokasi, seperti di mal dan pasar juga sulit untuk menerapkan protokol kesehatan, terutama menjaga jarak.

"Kita imbau juga untuk sering mencuci tangan agar tetap dalam keadaan steril dan bersih. Minimal masker dipakai kita, imbau jangan melepaskan masker di pusat keramaian," katanya di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Minggu (27/2/2022).

Jarwansyah menambahkan bahwa pada hari ini, BNPB bersama BPBD DIY memberikan masker gratis kepada masyarakat di 15 titik. Total masker yang disiapkan ada sebanyak 1,3 juta  dan pada hari pertama ini akan didistribuskan sebanyak 225.000 masker.

Baca juga: Serunya Naik Gerobak Sapi dan Nikmati Alam Pedesaan Bantul Yogyakarta

"Hari pertama 225.000masker didistribusikan ke 15 titik. Kita juga beri  bantuan hand sanitizer dan sabun cair bisa dimanfaatkan masyarakat agar terhindar dari covid," ujar dia.

Percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan

Terkait angka kasus di DIY yang masih menyentuh 2.000 kasus peemrintah pusat menerapkan dua langkah untuk pencegahan pertama adalah percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan.

Dia menambahkan pembagian masker tidak hanya di DIY saja teteapi juga sudah dimulai di berbegai daerah seperti di Jawa Barat, DKI Jakarta, dan juga Semarang.

suasana menjelang malam pergantian tahun di Malioboro wisatawan membludak, Jumat (31/12/2021)KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO suasana menjelang malam pergantian tahun di Malioboro wisatawan membludak, Jumat (31/12/2021)

Tidak hanya membagikan masker saja, BNPB juga kembali mengingatkan masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari, terutama saat berada di pusat keramaian.

"KIta harapkan masyarakat tetap sehat dengan menjaga jarak, cuci tangan pakai sabun, dan penting pakai masker," kata dia.

Sementara itu, kepala pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana mengatakan, kasus Covid-19 saat ini sudah melampaui kasus Covid-19 varian delta pada pertengahan tahun lalu.

Baca juga: Awas Tanjakan Ekstrem, Jangan Asal Ikut Google Maps ke 4 Wisata di Yogyakarta ini

"Kasus di DIY tren meningkat artinya belum turun bahkan melampaui delta. Karena itu, keperluan terus mendorong prokes didampingi dengan vaksinasi, tracing terus kita lakukan," ujar dia dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.