Kompas.com - 28/02/2022, 05:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan melakukan uji coba kebijakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) masuk ke Bali tanpa karantina.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, uji coba masuk Bali tanpa karantina rencananya akan dilakukan mulai 14 Maret 2022.

Baca juga: Bali Tanpa Karantina, Luhut: Tunggu 2 Minggu ke Depan

"Pemerintah akan melakukan uji coba tanpa karantina bagi PPLN yang datang ke Bali dan direncanakan berlaku pada 14 Maret," kata Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring, Minggu (27/2/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.

Luhut menyebutkan beberapa syarat yang perlu dipatuhi PPlN dalam penerapan kebijakan masuk Bali tanpa karantina, di antaranya:

  • Menunjukkan bukti pembayaran pemesanan hotel minimal empat hari atau menunjukkan bukti domisili di Bali bagi WNI.
  • Sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis lengkap atau penguat (booster).
  • Melakukan tes PCR saat kedatangan dan menunggu hingga hasilnya keluar di hotel. Jika hasil tes negatif, PPLN dapat bebas beraktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.
  • Kembali melakukan tes PCR pada hari ketiga di hotel masing-masing.

Baca juga: Daftar Maskapai dengan Rute Internasional ke Bali Bertambah

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM itu menambahkan, rencana uji coba pada 14 Maret 2022 bisa saja dipercepat jika situasi kasus Covid-19 menunjukkan tren positif.

"Target 14 Maret 2022 dapat kita percepat," kata Luhut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.