Kompas.com - 28/02/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Taiwan akan melonggarkan sejumlah syarat terkait pandemi Covid-19 mulai bulan Maret 2022 seiring dengan stabilnya situasi epidemi. 

Mulai Senin (7/3/2022), wisatawan pebisnis atau business traveler akan bisa mengajukan permohonan untuk memasuki Taiwan.

Sebagaimana dilaporkan Xinhua, Kamis (24/2022), wisatawan pebisnis tersebut bisa masuk dengan beberapa alasan, di antaranya untuk melaksanakan kontrak kerja atau investasi. 

Baca juga:

Tidak hanya itu, mulai 7 Maret, durasi karantina di rumah (home quarantine) untuk semua kedatangan juga akan diperpendek dari 14 hari menjadi 10 hari. 

Dilansir dari laman resmi Pusat Pengendalian Penyakit di Taiwan, Kamis, karantina dilakukan di rumah atau tempat tinggal kerabat atau teman, serta dengan prinsip satu orang per satu tempat tinggal. 

Apabila prinsip tersebut tidak bisa dilakukan, maka kedatangan tersebut wajib menjalani karantina selama 10 hari di hotel khusus karantina. 

Ilustrasi Taiwan - Pemandangan menara Taipei 101.SHUTTERSTOCK / FenlioQ Ilustrasi Taiwan - Pemandangan menara Taipei 101.

Terkait tes Covid-19, setiap kedatangan juga wajib menjalani tes PCR setibanya di Taiwan. 

Sebelum masa karantina selesai, mereka diharuskan menjalani tes PCR lagi di rumah sakit atau lokasi yang sudah ditentukan oleh pemerintah setempat. Usai karantina, mereka tetap wajib memantau dan menjaga kesehatan mandiri selama tujuh hari. 

Sementara itu, ada pula ketentuan tes rapid di rumah (at home rapid testing) yang dilakukan pada hari ketiga, kelima, dan ketujuh masa karantina, serta pada hari ketiga, keenam, atau ketujuh periode pemantauan kesehatan mandiri. 

Baca juga:

Adapun peralatan tes akan diberikan oleh petugas di bandara atau pelabuhan internasional. 

Tidak hanya itu, pada 1 - 30 Maret 2022, masyarakat di Taiwan juga tidak diwajibkan memakai masker ketika mereka menyetir mobil sendirian atau dengan anggota keluarga dalam satu mobil, berolahraga di dalam maupun luar ruangan, atau saat berfoto bersama di dalam maupun luar ruangan. 

Larangan untuk makan di dalam kereta, bus antarkota, kapal feri, dan penerbangan rute domestik juga dicabut mulai 1 Maret. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Xinhuanet
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.