Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rana Loba Coffee House NTT Sajikan Produk Lokal untuk Wisatawan

Kompas.com - 28/02/2022, 13:31 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Rana Loba Coffee House, merupakan salah satu tempat favorit warga dan wisatawan yang berkunjung di Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bahkan di tengah, pandemi Covid-19, kafe tersebut tetap ramai dikunjungi wisatawan nusantara.

Oleh karena itu, Owner Rana Lomba Coffe House bernama Jigar berinisiatif untuk menyediakan tempat khusus untuk memromosikan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal kepada wisatawan.

Baca juga: Pesona Danau Tiwusora, Surga Tersembunyi Pedalaman Ende di NTT

Upaya itu ia lakukan untuk mendukung pemasaran produk dari pelaku UMKM di Manggarai Timur di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir.

"Produknya yang harus siap dipasarkan. Bisa kopi, kain tenun, dan snack. Kita bantu promosi di sini agar teman-teman pelaku UMKM tetap produktif di tengah wabah Corona ini," kata Jigar kepada Kompas.com di Labuan Bajo, Senin (27/2/2022).

Ia mengaku bahwa selama ini, wisatawan dari luar yang berkunjung ke kafe itu kerap kali menanyakan seputar oleh-oleh khas Manggarai Timur untuk dibawa pulang ke daerahnya.

Namun, pihaknya kesulitan mendapatkannya karena belum adanya produk lokal yang disiapkan di tempat itu.

"Selama ini, kami di sini sedikit kewalahan, saat ada pengunjung yang tanya soal oleh-oleh khas Manggarai Timur saat datang. Biasanya banyak yang cari kopi. Apalagi kopi Matim kita sudah mendunia. Kita mesti promosi ini," tutur Jigar.

Baca juga: Banyak Trip Murah ke Labuan Bajo di Medsos, Awas Penipuan

Dia berharap dengan cara itu, Rana Loba Coffee House bisa mengangkat produk UMKM lokal ke pasar yang lebih luas. Dia pun mengajak para pelaku UMKM agar mendatangi langsung Rana Loba Coffee House itu untuk menitipkan produknya.

"Kita siakan tempat dan gratis," pungkasnya.

Sementara itu, seorang pelaku UMKM bernama Valentinus Tombor mengaku senang karena Rana Loba Coffee House menyediakan tempat khusus untuk menjual produk-produk lokal kepada wisatawan.

Baca juga: Liburan ke Labuan Bajo Pakai Agen Perjalanan, Cek Legalitasnya

Dengan begitu, lanjut dia, produk-produk khas Manggarai Timur kian dikenal orang-orang luar. Sehingga, saat ke Matim, wisatawan selalu membelinya untuk oleh-oleh buat keluarga.

"Saya sebagai pelaku UMKM yang punya produk Kopi Colol sangat senang dengan gebrakan Rana Loba Coffe House ini. Ini upaya luar biasa. Semoga produk UMKM Manggarai Timur makin dikenal dunia luar," ujar Valentinus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com