Kompas.com - 01/03/2022, 11:18 WIB

KOMPAS.com - Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 sebagai perayaan Tahun Baru Isaka atau Tahun Baru Saka, tahun ini jatuh pada Kamis (3/3/2022) berdasarkan perhitungan kalender Hindu.

Melansir Kompas.com, Senin (28/2/2022), Tahun baru tersebut dilakukan dengan melakukan introspeksi diri dengan cara menyepi.

Itulah sebabnya, Tahun Baru Saka diperingati dengan menyepi selama 24 jam. Hal ini ditandai dengan larangan amati geni (tidak menyalakan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak melakukan kegiatan hiburan).

Baca juga:

Sejalan Hari Raya Nyepi, Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali juga menutup operasional bandaranya selama 24 jam penuh.

Informasi tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai bernama Taufan Yudhistira.

"Hari Kamis, tanggal 3 Maret 2022 dimulai dari pukul 06.00 WITA sampai hari Jumat tanggal 4 Maret 2022 pukul 06.00 WITA, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali tutup secara operasional," kata Taufan Yudhistira kepada Kompas.com, Selasa (1/3/2022).

Sebuah pesawat di Bandara I Gusti Ngurah RaiHumas Polres Buleleng Sebuah pesawat di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Taufan menambahkan, penutupan operasional tersebut akan berlaku untuk operasional penerbangan maupun operasional bandara.

Namun, kebijakan dikecualikan terhadap penerbangan darurat, termasuk medical evacuation flight.

Baca juga: Uji Coba Masuk Bali Tanpa Karantina, Mulai 14 Maret

Bagi calon penumpang yang telah melakukan pemesanan tiket pada tanggal penutupan itu, diimbau untuk mengikuti kebijakan maskapai masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.