Kompas.com - 01/03/2022, 13:02 WIB

 

KOMPAS.com - Bali masih menjadi destinasi wisata paling favorit bagi masyarakat Indonesia untuk pergi liburan, menurut data dari YouGov’s Travel & Tourism Rankings tahun 2022.

Menurut data, sudah dua tahun berturut-turut Bali berada di posisi pertama sebagai destinasi wisata yang paling disukai masyarakat Indonesia.

Sebagai informasi, YouGov DestinationIndex mengukur persepsi publik tentang destinasi wisata di berbagai ukuran. Peringkat destinasi wisata ini dikompilasi menggunakan rata-rata skor tayangan bersih dari Januari 2022 dibandingkan Januari 2021.

Skor tayangan tersebut mengukur apakah konsumen memiliki kesan positif atau negatif terhadap suatu destinasi wisata selama dua minggu sebelumnya.

Baca juga:

Secara umum, seluruh kota dan negara yang berada dalam peringkat 10 besar mengalami penurunan skor impresi dari Januari 2021 hingga 2022.

Namun, satu-satunya pengecualian adalah Bali yang mengalami skor peningkatan  mencapai 5,2 poin dari tahun sebelumnya. 

Pantai Diamond di Nusa Penida, BaliShutterstock/Cocos.Bounty Pantai Diamond di Nusa Penida, Bali

Angka penilaian impresi Bali ini sejalan dengan tingginya aktivitas perjalanan di sana, yaitu total hampir 150.000 pengunjung domestik terbang ke Bali dalam dua minggu pertama Desember 2021.

Selain itu, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali dilaporkan melayani hampir 600.000 penumpang masuk dan keluar pada Januari 2022. Diketahui bahwa rute penerbangan paling populer di Bali berasal dari dan ke Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Data tersebut menunjukkan adanya pergerakan wisatawan domestik yang masif negara Indonesia.

Baca juga: 10 Kota Paling Ramah untuk Turis, Ada Nusa Lembongan di Bali

Menyusul di bawah peringkat Bali, ada Jepang dan Singapura di peringkat kedua dan ketiga dengan nilai masing-masing yaitu 34,1 poin dan 26,7 poin.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber yougov
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.