Kompas.com - 01/03/2022, 17:09 WIB

KOMPAS.com - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menutup sementara kawasan wisata Gunung Bromo selama Hari Raya Nyepi, Kamis (3/3/2022).

Penutupan ini berlangsung mulai hari Kamis pukul 00.00 WIB sampai Jumat (4/3/2022) pukul 05.00 WIB.

Pengumuman penutupan TNBTS disampaikan pihak pengelola Balai Besar TNBTS lewat Surat Edaran (SE) Nomor: PG.01/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/3/2022, tertanggal 1 Maret 2022.

"Ya, tutup mulai 3 Maret pukul 00.00 WIB sampai Jumat (4/3/2022) pukul 05.00 WIB," kata  Humas TNBTS Sarif Hidayat saat dihubungi Kompas.com, Selasa (1/3/2022).

Baca juga:

Penutupan kegiatan wisata dilakukan dengan memperhatikan surat dari Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Probolinggo, dalam rangka ritual Hari Raya Nyepi 1944 Saka.

Adapun penutupan jalur menuju kawasan wisata Gunung Bromo dilakukan di empat pintu masuknya.

"Penutupan jalur dari arah Probolinggo ditutup di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, dari arah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang ditutup di Jemplang," jelas Plt Kepala Balai Besar TNBTS Novita Kusuma Wardani, lewat keterangan tertulis pada Selasa (1/3/2022).

Baca juga:

Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 tahun ini jatuh pada Kamis (3/3/2022).

Tahun baru ini dilakukan dengan mengintrospeksi diri dengan cara menyepi. Hal ini ditandai dengan larangan amati geni (tidak menyalakan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak melakukan kegiatan hiburan).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.