Kompas.com - 02/03/2022, 15:56 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (BPEK) akan terus mempromosikan produk ekonomi kreatif serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia.

Melalui promosi, Kemenparekraf berharap dapat menciptakan lapangan kerja dan mendorong kebangkitan ekonomi yang merupkan salah satu misi dari kementerian ini

Adapun salah satu promosi yang dilakukan Kemenparekraf/BPEK adalah melalui kegiatan Warung Rojali atau warung rombongan jadi beli yang diadakan secara daring dengan memanfaatkan fitur siaran langsung di aplikasi media sosial (medsos).

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (2/3/2022), Kemenparekraf menjelaskan, Warung Rojali merupakan program yang diselenggarakan sebagai wujud dukungan Kemenparekraf/BPEK terhadap produk ekonomi kreatif dan UMKM dari seluruh Indonesia.

Kegiatan itu dilaksanakan mulai Jumat (25/2/2022) hingga Senin (28/2/2022) melalui siaran langsung di akun medsos TikTok @warungrojali bersama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

 Baca juga: MISMUN 2022, Sandiaga Uno: Kaum Muda Jadi Penggerak Perubahan

Warung Rojali menampilkan berbagai macam produk ekonomi kreatif dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner. Beberapa jenama atau merek yang turut tampil, di antaranya Exodos57, Imago, Six Scents, Bendera.co, Sambal Ning Niniek, ZM (Zaskia Mecca), dan Someone Clothing.

Promosi dan ulasan dari masing-masing jenama diberikan oleh Sandiaga saat siaran langsung di akun TikTok @warungrojali. Penonton menyaksikan pun dapat langsung membeli dengan menekan produk yang muncul saat dipromosikan di tayangan.

“Yang ingin saya garis bawahi adalah kita (masyarakat) semua wajib membeli produk ekonomi kreatif lokal dan harus di-support atau didukung oleh kita sendiri,” jelas Sandiaga dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (2/3/2022).

 Baca juga: Teten Masduki: Akar Budaya Indonesia Adalah Sumber Ekonomi Kreatif

Tak hanya itu, ia berharap, kegiatan Warung Rojali dapat menjadi awal kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja melalui promosi subsektor ekonomi kreatif Indonesia.

Begitu pula masyarakat Indonesia, sebut Sandiaga, diharapkan dapat lebih mencintai produk lokal Indonesia dan terus mendukung kampanye #BanggaBuatanIndonesia dan #BeliKreatifLokal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.