Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

800 Turis Singapura Pesan Tiket ke Batam dan Bintan, hingga Mei 2022

Kompas.com - 02/03/2022, 17:03 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 800 orang wisatawan mancanegara dari Singapura disebut telah memesan tiket perjalanan untuk datang melalui Batam dan Bintan menggunakan skema travel bubblehingga Mei 2022.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, berdasarkan data dari Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Boeralimar.

"Para wisatawan yang berangkat dari Pelabuhan Tanah Merah Singapura tersebut sebanyak 300 orang akan berlabuh di Nongsa Batam dan 500 orang ke Lagoi Bintan," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Selasa (01/03/2022).

Baca juga: 14 Maret, Uji Coba Bebas Karantina di Bali, Batam, dan Bintan

Melansir Kompas.com, Kamis (24/02/2022), pada Rabu lalu (23/02/2022), Batam menyambut sekitar 28 wisatawan mancanegara (wisman) asal Singapura secara perdana melalui skema travel bubble di Pelabuhan Nongsa Pura, Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Menurut laporan dari Chairman Nongsa Sensation Andy Fong di Batam, Senin (28/02/2022), ada sebanyak 151 wisman asal Singapura yang mendaftar untuk berlibur ke Nongsa Sensation pada Maret 2022, menggunakan skema travel bubble.

Kemudian, menurut catatan Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, ada sebanyak 50 orang wisman datang dari Singapura menggunakan Ferry Batam Fast, dari Tanah Merah ke Nongsapura sejak periode 23-25 Februari 2022.

Sedangkan pengunjung Bintan pada 26 Februari 2022 dilaporkan sebanyak 90 orang.

Baca juga:

Sebagai informasi, travel bubble merupakan skema perjalanan yang diterapkan bagi wisman yang datang dari Singapura ke Batam dan Bintan.

Lebih jauh, Sandiaga menjelaskan bahwa Indonesia menerapkan skema travel bubble untuk wisman yang datang melalui Batam dan Bintan dari Singapura.

Skema tersebut membuat aktivitas wisman terbatas hanya di area bubble.

"Dengan skema ini wisman hanya dapat berlibur di kawasan yang sudah ditetapkan pemerintah yakni; Nongsa Batam dan Lagoi Bintan," papar Sandiaga.

Sementara, pemerintah Singapura menerapkan Vaccinated Travel Lane (VTL) untuk warga Batam dan Bintan yang ingin berlibur ke negara tersebut.

Skema VTL yang mulai berlaku 25 Februari 2022 tersebut tidak membatasi ruang gerak wisatawan selama berada di Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com