Pendakian Gunung Arjuno - Welirang Buka 6 Maret 2022, Ini Ketentuannya

Kompas.com - 03/03/2022, 08:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah hampir dua tahun ditutup, jalur pendakian Gunung Arjuno dan Welirang di Jawa Timur mulai dibuka pada 6 Maret 2022 mendatang.

Sebelum berkunjung, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para pendaki.

Kepala unit pelaksana teknis (UPT) Tahura Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi mengatakan bahwa penutupan ini sebelumnya diakibatkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan pemulihan ekosistem.

"Kami tutup hampir dua tahun sejak pandemi 2020, lalu sempat kami buka 1-2 minggu di awal Maret 2021, tapi kami tutup lagi sampai hari ini, dan baru buka perdana 6 Maret," terang Wahyudi kepada Kompas.com, Rabu (2/3/2022). 

Alasan kembali dibukanya jalur pendakian ke puncak Arjuno - Welirang menurutnya mdalah karena cuaca belakangan ini mulai kondusif dan adanya pelonggaran PPKM untuk wisata alam, yakni kapasitas 25 persen.

Baca juga: Jalur Pendakian Gunung Prau Via Kenjuran Tidak Benar Dibuka, Ini Alasannya

Syarat dan ketentuan pendakian Gunung Arjuno - Welirang

Untuk para calon pendaki, ada beberapa syarat masuk yang harus dipatuhi.

Di antaranya yaitu vaksin minimal satu kali dosis, memakai aplikasi PeduliLindungi, membawa surat keterangan sehat, dan registrasi melalui website SiPenerangan.

Setelah mengisi data-data saat registrasi, calon pendaki akan memperoleh Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (e-Simaksi). Kemudian, surat izin tersebut dapat ditunjukkan saat melewati pos masuk.

"Pendaki juga harus membawa perlengkapan dan perbekalan yang cukup. Kalau mereka tidak bawa, pasti kami tolak," tegasnya.

Baca juga: 5 Tips ke Gunung Bromo via Malang Naik Sepeda Motor, Awas Rem Blong

Untuk mendaki, pengunjung dapat memilih empat pos resmi. Keempatnya adalah Pos Tretes di Pandaan, Pos Tambaksari di Purwosari, Pos Lawang di Lawang, dan Pos Sumberbrantas di Batu.

Menurut Wahyudi, pos favorit para pendaki ada dua, yakni Pos Tretes dan Sumberbrantas. Pasalnya, Tretes memiliki beberapa sumber mata air yang ikonik, sehingga bisa dimanfaatkan untuk melepas dahaga.

"Kalau pos Sumberbrantas itu jalurnya paling mudah, termasuk kategori jalur pendakian ringan," jelas Wahyudi.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Sakit Telinga Usai Naik Gunung

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.