Kompas.com - 04/03/2022, 06:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah desa wisata di berbagai wilayah Indonesia mulai memanfaatkan digitalisasi untuk mempromosikan keunikan wisata mereka.

Salah satunya adalah Desa Wisata Cibodas di Lembang, Bandung Barat, yang dikenal dengan kegiatan wisata pertanian.

Baca juga:

Saat pandemi, pariwisata alternatif yang memberikan konsep wisata lebih bersahabat dengan alam dan masyarakat lokal menjadi tren baru bagi wisatawan.

Guna mengakomodasi tren tersebut, pemerintah tengah mengembangkan potensi beberapa desa wisata dengan mempromosikan keunikan dan kearifan lokal setempat.

Salah satu yang berperan penting dalam mempercepat pengembangan wisata lokal tersebut adalah melalui digitalisasi, mengingat kebiasaan wisatawan di era pandemi yang semakin dekat dengan teknologi.

"Mari kita bersama-sama mendigitalisasi sebagai bagian dari transformasi dan promosi destinasi pariwisata."

Demikian ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam konferensi pers bertajuk Dukung Potensi Kearifan Lokal Wisata Daerah, OYO Bantu Digitalisasi Desa Wisata secara virtual, Rabu (02/03/2022).

Baca juga:

Pertanian di Desa Wisata Cibodas, Kabupaten Bandung BaratDok. OYO Hotels and Homes Pertanian di Desa Wisata Cibodas, Kabupaten Bandung Barat

Dalam pembahasan tersebut, topik yang diangkat adalah Desa Wisata Cibodas yang sejak dulu menerapkan kearifan lokal dalam bentuk pertanian dan penghijauan.

Dengan potensi wisata yang sudah ada, seperti homestay, Desa Wisata Cibodas semakin dikenal setelah memasarkan tempat mereka melalui platform digital.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.