Kompas.com - 04/03/2022, 09:09 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kawasan Labuan Bajo, Flores, NTT, terkenal dengan keindahan panorama alamnya.

Beberapa bahkan sudah mendunia, sebut saja keberadaan kadal purba komodo yang didukung dengan pesona lainnya, mulai dari wisata bahari, wisata alam, hingga wisata budaya. Kawasan Labuan Bajo, Flores punya semuanya.

Hal itulah yang menjadikan pemerintah menetapkan Labuan Bajo sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

Baca juga: Kapal Wisata di Labuan Bajo Diminta Cek Kondisi Sebelum Berlayar

Berbagai upaya terus dilakukan untuk menjadikan Labuan Bajo menjadi destinasi wisata berkelas dunia yang berkelanjutan.

Salah satunya dengan menempatkan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) untuk mengintegrasikan pengembangan pariwisata terpadu kawasan Labuan Bajo, Flores meliputi Flores, Alor, Lembata, dan Bima atau yang dikenal dengan Floratama.

BPOLBF pun terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, antara lain memastikan kesiapan destinasi, baik aspek 3 A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) dan kesiapan sumber daya manusia (SDM).

Baca juga: Listrik Tanpa Mati Bakal Tambah Daya Tarik Wisata di Labuan Bajo

BPOLBF juga hadir untuk memastikan kenyamanan dan keamanan bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan Floratama.

Kerja sama dengan Asuransi Jasa Raharja

Sebagai langkah awal guna memastikan rasa aman tersebut, BPOLBF telah melakukan Kerjasama dengan PT Asuransi Jasa Raharja Putera cabang Kupang pada Januari 2022.

Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina menjelaskan, kerja sama dengan Jasa Raharja tersebut sebagai langkah awal komitmen pihaknya untuk memastikan safety and security di wilayah koordinatif BPOLBF.

Foto : Waterfront, Ikon Baru Labuan Bajo Telah Rampung dan Siap Dipakai Sebagai Ruang Publik Dokumen Kemenparekraf Foto : Waterfront, Ikon Baru Labuan Bajo Telah Rampung dan Siap Dipakai Sebagai Ruang Publik

"Ini sebagai permulaan, kita awali dengan 3 Kabupaten di Manggarai Raya (Manggarai Barat, Manggarai, dan Manggarai Timur). Tentu tujuannya adalah seluruh wilayah Floratama bisa ter-cover," ujar Shana dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Ia mengungkapkan sesuai kesepakatan, pihaknya akan menginisiasi sistem single ticketing yang di dalamnya sudah termasuk dengan premi asuransi itu.

Baca juga: Banyak Trip Murah ke Labuan Bajo di Medsos, Awas Penipuan

Harapannya, sistem itu akan mempermudah wisatawan yang hendak berwisata ke kawasan Floratama.

"Harapannya ini akan meningkatkan kepercayaan wisatawan bahwa kita siap, dan akhirnya akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan Flores, Alor, Lembata, dan Bima (Floratama)," pungkas Shana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.